100+ Peluang Usaha Bagi Mahasiswa : Sangat Menguntungkan

Ide Peluang Usaha Bagi Mahasiswa Yang Menguntungkan : Raih Kesuksesan Usia Muda

Ketika kita berbicara dalam berbisnis maka saya akan bertanya apakah ada peluang usaha bagi mahasiswa yang sangat menguntungkan? Jawabannya tidak lain dan tidak bukan pasti ada, bahkan ada banyak yang bisa dilakukan oleh seorang mahasiswa dalam menjalankan sebuah bisnis yang akan di jadikan sebagai usaha yang berkelanjutan.


gambar dari suparnoblog.com


Jangan dulu berpikir dari mana kemana tapi mulailah sebuah usaha dari hal yang sederhana agar nantinya berubah menjadi besar dan lebih membesar, dalam menjalankan sebuah usaha ada banyak hal yang harus dilakukan dan harus diperhatikan namun saya akan membahasnya nanti saja dulu.

Memulai sebuah usaha untuk seorang mahasiswa itu sangatlah menjanjikan karena relasi seorang mahasiswa sudah mulai berkembang dan bercabang, apalagi untuk mahasiswa yang aktif di dalam organisasi atau unit kegiatan mahasiswa tertentu. 

Peluang usahanya apa saja?

Banyak ada yang bisa mengeluarkan modal atau hanya anda yang menjadi seorang dropsiter di tingkat kampus. 

Usaha yang sukses itu biasanya seperti itu jadi orang-orang menyiapkan dirinya dalam usaha di kampusnya setelah itu mulai memperbesar ke wilayah rumahan dan akhirnya menjadi sukses. 

Saya bangga pada anda yang mencari ide peluang usaha untuk mahasiswa karena disini saya yakin bahwa hati dan tekad anda adalah tekad seorang pengusaha bukan untuk menjadi pegawai. 

Kalau anda tanya seberapa besar saya setuju dengan pola pikir anda? Saya pasti sangat setuju. 

Mamah saya selalu bilang seperti ini jangan pernah bercita-cita menjadi seorang pegawai dan bercita-cita lah menjadi seorang pengusaha yang sukses. 

Disini saya bukan merendahkan seorang pegawai walaupun dengan gaji yang fantastis tapi disini saya ciptakan pola pikir yang sangat mendasar, yaitu membuat orang lain hidup itu lebih baik daripada kita ketergantungan hidup dari orang lain. 

Bisa menjadi seorang yang mandiri dan menjadi pengusaha yang sukses bukan hanya keinginan ataupun hal yang diinginkan oleh mahasiswa saja tapi saya pikir hal ini sangat diinginkan oleh masyarakat, bisa dibilang untuk semua orang. 

Kalau sekarang saya menulis pada anda maka anda harus mulai selangkah lebih dari tulisan ini, kenapa demikian? Saya pikir anda harus mulai dan mampu memulai selanjutnya anda harus konsisten dan terus konsisten dalam menjalankan usaha yang anda lakukan, tapi disini anda bisa melakukan apa saja?

  •   Bisnis modal minim untuk mahasiswa

Saat kita bicara tentang bisnis apa yang modalnya minim namun keuntungannya bisa sangat menjanjikan? Ini terutama bagi seorang mahasiswa namun bagi saya ini bisa dilakukan oleh siapapun juga. Ada banyak model bisnis ini namun apakah perhitungan dan cara kerja nya sukses?

Disini saya akan membahas dari mulai perhitungannya sampai cara kerjanya, tapi kalau perhitungan saya pikir anda sudah cukup mengerti karena anda itu seorang mahasiswa, modal minim yaitu dengan modal yang anda punya saja, karena kalau laptop ataupun handphone dijaman sekarang sudah menjadi kewajiban seorang mahasiswa benar begitu bukan?

Maka saya anggap itu modal yang sudah anda punya dan bisa dibilang modal abadi anda, selama itu tidak rusak.

inilah dia berbagai peluang usaha bagi mahasiswa yang wajib diketahui :
  1. Jasa berdasarkan keahlian anda


    Mahasiswa pasti dia mempunyai keahliannya sendiri, dan saya yakin itu.
    gambar dari ugc.ac.in



    Misalkan anda adalah seorang mahasiswa designer grafis, maka inilah salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk anda, saya bilang sangat menjanjikan karena kalau bicara keuntungan yang namanya jasa itu terserah anda, anda sendiri yang mematok harganya, jadi anda mau patokan harga berapapun juga bebas karena dalam jasa ini sudah di tebak soalnya menggunakan skill seseorang bukan menggunakan produk atau barang-barang. 

    Jasa keahlian maka disini saya akan ambil contoh peluang usaha untuk mahasiswa desain grafis anda bisa menjadi jasa pembuatan logo perusahaan atau juga anda bisa menjadi seorang desain sablon di perusahaan clothing, jangan kita pikir berapa dulu keuntungan yang akan bisa didapat, tapi usahakan untuk anda dijaman sekarang adalah bagaimana cara anda untuk mengembangkan dahulu usaha yang anda punya, jadi memetik keuntungan nya saat nanti usahanya sudah membesar.

    Perhitungan dan cara kerjanya sangatlah simple anda juga bisa menjadi seorang yang dibayar oleh instansi atau kelompok-kelompok tertentu untuk membuat dan mendesign lambang-lambang yang mereka inginkan.

    Karena saya yakin anda sudah mengetahui apa arti sebuah warna dalam kehidupan umum dan apa arti sebuah coretan-coretan.

    Namun yang paling penting disini dalam membuat sebuah logo atau lambang adalah hal yang simple namun mudah diingat oleh masyarakat umum, atau anda melihat saja bagaimana situasi dimasyarakat.
  2. Menjadi seorang penulis dan jasa pengetikan


    Kalau yang tadi adalah jasanya lebih diberatkan pada hal yang bukan menulis tapi imajinasi, nah sekarang sebagai mahasiswa saya yakin anda bisa menjadi seorang penulis artikel ataupun anda mengadakan jasa pengetikan.
    gambar dari seword.com



    Kenapa saya menyarankan hal ini? Masa sih seorang mahasiswa tidak bisa dalam menulis atau mengetik di komputer atau laptop? 

    Nah dengan demikian itu kenapa anda tidak jadikan ini menjadi sebuah peluang usaha?

    Yaudah sekarang itulah yang menjadi peluang usaha untuk anda, orang banyak sukses di menulis artikel ini biasanya mereka dengan menulis artikel lalu mengirimkannya kepada koran atau majalah, dan lumayan loh katanya dalam satu tulisan jika tulisan anda di ACC atau dipakai oleh penerbit selain dapat royalti anda juga dapat menenarkan diri anda di bidang tulis menulis ini.

    Saya punya Kakak tingkat geografi jadi intinya dia ini sangat suka dengan yang namanya menjelajah alam, selain dari menjelajah saja dia buat artikel tentang alam tersebut lalu mengaitkannya dengan pelajaran atau geografi nya dan alhasil kebanyakan artikel yang selalu di buatnya menjadi ladang penghasilannya.

    Waaw itu sih tergantung dari kesukaan anda kalau anda suka dengan teknologi, disana Anda bisa mengulas teknologi terbaru beserta dengan kelahiran dan kekurangannya.

    Simple namun paten.

    Agar anda mudah didalam mengembangksn kesuksesan anda, disini anda bisa memberi kualitas lebih dalam tulisan anda dengan anda rajin dalam membaca buku, situasi, kondisi dll.
  3. Menjadi penginstal aplikasi sekaligus jualnya


    Kapan lagi anda melihat peluang usaha disekitar anda? Disini anda hanya tinggal memanfaatkan yang ada saja, kebanyakan orang di Indonesia mereka hanya murni menjadi seorang pemakai aplikasi, dan tidak jarang dalam penginstalannya pun mereka kurang tahu dan kurang memahami, nah dengan demikianlah ini menjadi hal yang sangat wajib anda ketahui dan siap-siap memanfaat celah tersebut.
    gambar dari zopini.com



    Dengan demikianlah anda menjadi seorang yang mempunyai banyak aplikasi aplikasi tertentu yang umum dipakai orang, kalau anda kurang ahli Disni anda bisa melihat dulu video video tutorialnya dari YouTube, sekarang sudah dipermudah dan sangat dimudahkan oleh kemajuan teknologi dan informasi tinggal anda usaha dikit-dikit saja.

    Usaha penginstal ini akan sangat banyak pelanggannya kalau anda mempunyai sebuah virus heheh bercanda saja, saat anda mempunyai pelanggan anda bisa merayu dia update versi, misalkan dia punya Photoshop CS6 nah disini anda jelaskan dahulu tentang keunggulan-keunggulan dan kekurangannya cs6 di akhir pake tapi kalau di banding dengan Photoshop cs7 ini jauh berbeda, dan sekarang jelaskan kelebihan cs7.

    Heheh apapun itu yang paling penting anda dapat pelanggan, atau ada banyak orang sukses disini dengan mereka menjual belikan dalam bentuk DVD, kita ketahui bahwa DVD hanyalah 2k sampai 3k saja mereka setelah memasukan aplikasi didalamnya biasanya di jual dengan harga 15k waw berapa kali lipat keuntungannya?.

    Tapi hal seperti ini biasanya dilakukan ketika online saja, agar target pemasarannya sangatlah luas.
  4. Menjadi seorang blogger atau youtuber


    Saya tidak akan ngomong panjang lebar pada anda karena saya sendiri sampai sekarang belum punya penghasilan dari blogger, hari ini saya hanya baru sebulan lebih mengelola di blogger karena ketentuannya kalau kita daftar keadsense harus blogger yang usia 6 bulan, kalau saya lihat di kebijakan privasinya heheh.
    gambar dari iratekno.com



    Maka dengan demikian itu sih pilihan kali saya membuat blog hanya mengisi waktu luang saya sebagai seorang mahasiswa, nah kalau anda tertarik maka saya sarankan anda untuk tidak tergiur sama orang-orang yang berbicara waw sangat fantastis, hanya dengan 3-10 hari sudah bisa kaya di blogging, karena saya pikir semuanya itu butuh proses dan butuh perjuangan, kalau memang iya ada yang sukses di blogging hanya dengan 3-10 hari lebih ke keberuntungan saja.

    Yang saya aneh kan seperti ini mereka bilang bisa sukses dengan blogging hanya 3-10 hari tapi kenapa ya mereka jualan ebook? Sudah saja buat banyak blog heheh. Atau mungkin dia suksesnya gara-gara jualan e-booknya heheh.

    Itu sih tergantung anda semua karena tidak semuanya menjanjikan hal yang cepat ada yang bisa masuk akal ada juga yang tidak, disini saya tidak melarang anda dan tidak menyuruh anda. Karena semuanya tergantung diri anda sendiri semua ini pilihan anda.

    Saya lebih yakin orang yang jual ebook dengan proses bertahap dibandung ebook yang hanya menjanjikan bisnis online 3-10 hari saja, karena saya sudah sebulan juga belum dapat penghasilan dari google.

    Jika anda suka dalam membuat video yang bermanfaat atau video yang bisa menghibur orang banyak maka saya sarankan untuk anda masuk menjadi seorang youtuber, tapi bagaimanakah menjadi orang youtuber? Tinggal daftar saja di YouTube dan sama tidak ada proses yang instan namun semuanya juga harus dengan perjuangan.

    Anda berjuang di YouTube atau di blogger itu sama-sama berjuang dan sama-sama membutuhkan waktu.

    Namun ingat saya tekankan lagi konten yang anda miliki harus bermanfaat atau menghibur.
  5. Menjadi seorang dropsiter


    Menjadi seorang dropsiter itu bisa dibilang peluang tanpa modal loh, kenapa demikian? Karena sistem kerja ini kita seperti calo tiket, maksudnya gini anda mengiklankan suatu barang milik seorang supplayer yang tentunya harga sudah miring terlebih dahulu, setelah mengiklankan kalau ada orang yang akan membeli anda langsung saja memesankannya kepada supplayer, ingat anda mengambil keuntungannya biasanya dengan up harga dari harga awalnya.
    gambar dari orodo.com



    Misalkan harga di supplayer 100k anda bisa mengiklankan barang di bisnis anda dengan harga 150k kan lumayan, bayangkan saja kalau anda bisa melariskan 20 barang saja keuntungannya sangat wawwww heheh.

    Itu sih tergantung anda saja dan tergantung pada kepintaran anda dalam mencari ide usaha yang brilian. Seorang dropsiter ini biasanya mereka sukses loh karena berawal dari dropsiter lama-kelamaan setelah banyak pelanggan biasanya dia menjadi seorang supplayer nya.

    Misalkan saja kakak saja dahulu dia seorang dropsiter celana jeans sekarang sudah menjadi grosir celana jeans, online ada offline juga ada.

     Kalau mau sukses di usaha itu harus berawal dari nol dan harus dari dasar pondasi dahulu dikokohkan jangan kita langsung terbang tanpa tau arah tujuan.
  6. Menjadi seorang pengusaha kreatif


    Mungkin anda berpikir dan bertanya-tanya tentang pengusaha kreatif. Apa sih pengusaha kreatif ini?

    Pengusaha kreatif adalah pengusaha yang mampu dalam membaca situasi dan tidak meremehkan hal-hal yang kecil, mereka tahu saat-saat ada orang yang akan mendaki calon uangnya karena mereka memikirkan timing yang pas dan waktu yang sesuai.
    gambar dari tugu kujang.com



    Lantas seperti apakah itu? Usaha kreatif itu usaha yang melihat potensi yang akan menjadi uang, misalkan anda menjadi seorang editing Poto, banyak orang yang mulai melirik usaha ini karena apresiasinya sangat tinggi, maksudnya ada nilai lebih dan harganyapun bisa fantastis karena dinilai dari kekreatifan dan dari lama waktu pembuatan, hal ini dilakukan oleh teman saja dia menyedikan seperti editing photo mulai dari foto mosaik sampai dengan foto karikatur yang biasanya dipesan oleh seseorang yang sudah punya pasangan untuk hadiah ulang tahunnya atau hadiah aniversary.

    Jika anda ingin sukses di bidang ini maka anda harus pintar dalam membuat celah yang akan menjadi uang anda, karena saya yakin hal ini keuntungannya sangatlah tinggi bisa dibilang 90℅ nya keuntungan.

    Jika anda suka dengan hal-hal seperti ini sarana promosi anda bisa online saja dan ingat kalau bisa untuk menarik pelanggan anda kasih sesuatu yang berkesan, misalkan dia pesan 1 anda kasih 2 dengan tema yang berbeda.

    Ya tinggal anda kalkulasi saja keuntungan yang akan didapat kemudian harinya.
  7. Menjadi guru


    Dengan menjadi seorang guru anda bisa mengekspresikan diri anda, karena mau tidak mau anda akan ikut dalam sistem yang ada, tapi apakah anda menjadi seorang guru honorer? Tanyakan dulu baik-baik pada diri anda sendiri.
    gambar dari mahagurugo.blogspot.com



    Tapi bagi saya kalau kebutuhan anda sangat banyak bisa menjadi guru yang lain, karena kita sendiri tahu berapa ratus ribu kalau menjadi guru honorer dalam satu bulan? Tanyakan baik-baik pada diri anda.

    Nah lantas jadi guru apa? Anda disini harus memiliki kemampuan yang lebih di banding hal yang umum dimasyarakat, nah kalau saya sarankan misalkan anda sudah ahli dalam komputer kan tidak salahnya anda menjadi guru komputer, kalau anda jago internet seperti blogging dan YouTube, kan tidak salahnya juga anda menjadi guru internet marketing atau guru bisnis online.

    Disini anda harus memaksimalkan potensi yang sebenarnya yang ada pada diri anda, jangan pernah menyia-nyiakan waktu hidup ada, saya sekarang menulis artikel ini salah satu jenis usaha saya, walaupun sampai sekarang adsense belum menerima tapi ingat kita itu harus tetap sungguh-sungguh dalam menjalankan usaha yang kita inginkan.

    Karena saya tekankan pada anda kalau kita menyerah di tengah jalan adalah suatu kekonyolan yang nyata.
  8. Mengerjakan tugas


    Nah yang saya tahu bahwa tidak semua orang mampu dalam mengerjakan tugas yang diberikan kepadanya, nah itu bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang sangat manis dan sangat menjanjikan, karena asalkan anda tahu bahwa mengerjakan tugas ini keuntungannya sangat berlipat ganda, mulai dari keuntungan uang, mereka akan sangat care pada anda sampai andapun akan menjadi sangat menguasai materi yang diberikan sebagai tugas itu.
    gambar dari cumibunting.com



    Waww dalam mengerjakan tugas ini kebanyakan dari para mahasiswa atau mahasiswi ini malas untuk mengerjakannya, sebenarnya mereka itu mampu menyelesaikannya asalkan punya niatan yang benar saja dalam dirinya. 

    Mengerjakan tugas mungkin bisa terdengar suatu yang konyol dan suatu yang sangat dibenci oleh dosen hehe, saya juga membencinya tapi apa kata dunia kalau sudah terdesak oleh kebutuhan? Tapi sebisa bisa dia juga ikut saja mengawasi anda dalam mengerjakan tugas.



  • Bisnis modal sedang untuk mahasiswa

Dalam menjalankan bisnis untuk mahasiswa pasti di awali sama yang modalnya minim terlebih dahulu setelah itu masuk ke modal yang menengah, atau bisa di bilang modal yang sedang.

inilah dia peluang bisnis untuk mahasiswa dengan modal yang kecil dan resiko yang minim :




  1. Jualan pulsa


    Tahukah anda bahwa jualan pulsa dan kartu kuota sekarang lagi sangat trend? Bulan trend penjualan nya tapi lagi trend orang yang menggunakan handphone canggih, di Indonesia di jaman sekarang anak SD saja udah bisa menggunakan smartphone, saya bilang itu adalah hal yang sangat waw dan bisa menjadi potensi yang bisa dijadikan sebagai ladang usaha yang sangat menggiurkan.
    gambar dari onenews.id



    anda sebagai mahasiswa tentunya harus banyak relasi dan banyak mengeksplore diri anda, cobalah tanyakan distributor pulsa yang paling murah setelah itu anda coba menjualnya, kalo nanggung hanya menjadi penjual eceran, cari lagi admin utama pulsa agar anda bisa menjadi seorang master pulsa.

    Dengan berjualan pulsa seperti ini hasil yang bisa anda raih sangatlah besar, type promosi anda bisa sejenis dengan MLM tapi yang saya harapkan anda memberikan seminar-seminar untuk kalangan anak mudah SMP atau SMA atau juga bisa umum.

    Kenapa demikian? Kalau bagi saya kenapa targetnya pelajar karena saat itu mereka lagi mencari identitas mereka dan mereka sedang semangati semangatnya untuk usaha, salahsatunya dengan cara jual pulsa ini.

    Cara agar selalu laku dalam menjual pulsa ini dengan bisa anda jual secara offline dan online dengan mengambil keuntungan yang minim saja namun dengan pelanggan yang banyak.
  2. Jual beli blog


    Ada banyak yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dalam mencari peluang usaha, asalkan dia sangat pintar mencari peluang.

    Seperti hal ini dia bisa jual beli blog di internet, banyak forum dan grup yang khusus tentang jual beli blog ini, modalnya bisa dibilang sangat statis karena dia bisa mendapatkan hanya dengan uang seratus ribu sampai ada yang puluhan juta rupiah.
    gambar dari macaartikel.blogspot.com



    Semuanya tergantung dari pengunjung blog sehari mereka dan jumlah artikel yang ada di dalamnya, yang saya tahu semakin banyak pengunjung perhari dan artikel di dalamnya maka blog itu akan semakin mahal.

    Nah maka dengan demikianlah anda harus sangat jeli dan melihat potensi yang ada dalam blognya tersebut. Jual beli blog umunya di lakukan oleh pelajar dan mahasiswa karena hasilnya yang simple dan tidak ribet.

    Potensi lain yang bisa anda dapatkan yaitu dengan anda melihat seberapa besar potensi yang akan di hasilkan oleh blog itu, jika pengunjungnya tiap hari meningkat drastis maka itu akan menjadi potensi yang bisa dibilang sangatlah luar biasa karena anda bisa mengelolanya sendiri.

    lantas dari mana anda mendapatkan uang? Ingat dengan Google adsense pasti disini anda bisa meraih keuntungan dari google adsensenya, nah dengan demikianlah anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu blognya mau di jual kembali atau kelola oleh anda.
  3. Jual makanan ringan


    Tahukah anda bahwa mahasiswa atau mahasiswi itu sangat membutuhkan makanan ringan dalam kehidupannya? Apalagi kalau tidak ada dosen maka keinginan ngemil pun sangatlah tinggi, ini bisa menjadi ladang yang sangat subur dan bisa dibilang ladang yang sangat menjanjikan.
    gambar dari kreasitekno.co



    Nah sebelum anda menentukan makanan ringan apa yang pasti laku di kampus anda, maka anda haruslah riset terlebih dahulu kira-kira orang di kampus anda suka dengan makanan yang seperti apa.

    Misalkan kita bandingkan saja antara makanan yang gurih, asin anda manis atau pedas, anda bisa membuat makanan yang seperti itu atau campuran dari rasa itu.

    Mau tidak mau anda harus kreatif dan kalau bisa kemasannya juga sangat menarik agar menigkatkan rasa mood dalam memakan makanannya.

    Kenapa harus seperti itu? Yang pernah saya pelajari dari jualan celana jeans emang kemasan itu sangat berpengaruh besar dalam prospek penjualan, sebelum pake kemasan menarik dengan harga 90 ribu itu susah laku, tapi setelah menggunakan kemasan dengan harga kira-kira seribu/ pcs nya lalu saya jual celana jeans dengan harga 100ribu Alhamdulillah banyak yang pesan.

    Nah disana saya jadi tidak menyepelekan yang namanya kemasan barang.

    Karena mau tidak mau sebelum melihat isinya Pasti mereka melihat dahulu kemasannya apakah dia suka dan menarik untuknya atau tidak.

    Saya pikir di makanan ringan juga akan seperti ini, dan ingat hal ini juga bisa di jadikan sebagai peningkat harga dan kualitas dari barang anda.
  4. Jual pakaian


    Jualan pakaian di kampus ini sangatlah menjanjikan, kenapa demikian?

    Karena yang kita tahu dari berjualan di kampus ini ladang yang sangat subur, saya juga menjual pakaian di kampus dan hasilnya ya lumayan lah kalau buat jajan dan buat jalan-jalan heheh, ingat saja jangan pernah ragu dalam menjual dengan harga teman.
    gambar dari hebervalleyrvpark.com

      saya menjual hanya mengambil keuntungan kira-kira 10 ribu saja dari satu pcs, tidak banyak-banyak tapi pelanggannya semakin kesini semakin banyak dan akhirnya banyak yang tahu, sehingga lambat launpun bertambah juga yang membeli, strategi lebih untuk seorang mahasiswa jangan hanya menjual di areal kampus saja, tapi cobalah dengan media sosial dan jaringan internet yang lebih luas.

      Buatlah website atau blog agar jangkauan anda bisa sangatlah luas.

      Menjual pakaian di internet memang sudah banyak yang menjalankan tapi ingat anda memiliki kelebihan masing-masing maka dengan demikian review produk anda harus sangatlah bagus, anda bisa gunakan YouTube dan testimoni pelanggan anda.

      Namun biasanya ada kendala kalau anda baru memulai usaha online, kendalanya soal kepercayaan.

      Maka dengan demikianlah anda harus sangat pintar dalam mencari pelanggan. Agar mudah percaya maka cantumkan lah alamat lengkap anda dan kalau bisa cantumkan juga KTP anda di dalamnya.
    1. Bisnis kreatif


      Seseorang mahasiswa dengan pemikiran yang kritis dan kreatif bisa menjadi ajang peluang usaha yang sangatlah menjanjikan, ingatlah anda inovasi seperti keripik dengan level kepedasan, ingat juga inovasi tentang permen dari minyak murni kayu putih? Wah itu ide kreatif yang bisa menjadi keuntungan yang luar biasa.
      gambar dari teropongbisnis.com



      Jika anda suka dengan hal seperti ini maka jangan pernah ragu untuk pertama bereksperimen. Yang saya tahu kunci kesuksesan ini seperti ini.

      Belum the first ( menjadi yang pertama ) siapa aja yang menjadi yang pertama membuat inovasi baru maka dia akan sukses pertama, berarti the best ( menjadi yang terbaik ) misalkan saingan anda sangatlah banyak dan dengan kualitas di bawah anda, maka anda jadi yang terbaik di antara mereka dengan demikian anda bisa sangat terkenal dan keuntungan sangat menggiurkan, be different ( menjadi yang berbeda atau nyeleh ) jangan pernah ragu kalau saat persaingan sangat sulit dengan kualitas yang sama-sama bagi.

       untuk menaikan prospek penjualan maka be different ini sangatlah manjur misalkan kita ambil contoh, saat  perusahaan mie instan dengan kualitas sama produk sama rasa ayam bawang, muncul deh rasa baru seperti rasa cabe hijau.

      Itu akan menjadi banyak pelanggan dan akhirnya mempunyai pelanggan tetap.
    2. Jasa printing


      Nah yang selanjutnya dengan menjadi seorang jasa printing, mau tidak mau di kelas atau di kampus anda tidak semua orang mempunyai printer, maka dengan itulah bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.
      gambar dari sesao8.com




      Tapi yang saya tahu anda jangan hanya menjadi seorang jasa printing seperti itu saja, kalau bisa jasa printing atau percetakan yang besar.

      Yang saya maksudnya ya bisa juga di pakai sablon digital, pembuatan spanduk, dll.

      Kalau yang pertama jangan dulu memikirkan keuntungan berapa duit, tapi yang pertama yang harus anda perhatikan yaitu dengan memikirkan berapa lama modal anda dapat kembali terlebih dahulu, kalau modal anda sudah kembali silahkan kembangkan usaha anda.

      Kalau anda bertanya kenapa modalnya harus kembali terlebih dahulu? Karena dalam usaha itu sangatlah fluktuasi dan sangatlah banyak orang yang ingin menghancurkan seperti orang syirik pada kita, dengan demikianlah kalau modal sudah kembali  jika ada apa-apa nantinya anda tidak kehilangan modal awal.

      Namun di jasa printing ini harus ada keahlian tahan seperti anda harus menjadi seorang yang jago mengetik, mngdesain, dan bisa dalam menyervise kalau ada kerusakan sedikit-sedikit.
    3. Update lomba


      Jangan dikira kalau dari lomba seperti di online tidak menguntungkan, jika anda sangat kreatif saya pikir lomba disini akan menjadi ladang uang yang melimpah, ingatlah lomba-lomba seperti desain poster dan lomba yang lainnya.
      gambar dari istanatulis.blogspot.com



      Setelah itu anda bisa masuki semua lomba-lomba tersebut.

      Kalau yang ingin simple dan ingin sangat menguntungkan ikut perlombaan desain logo perusahaan, dengan mengikuti jasa desain logo perusahaan bisa mendatangkan keuntungan yang sangat luar biasa.

      Kenapa demikian?

      Karena jika karya desain anda di ambil yang pertamanya saja bisa mendapatkan uang jutaan rupiah.

      Belum sampai situ saja tapi proud dan popularitas karya desain anda bisa sangat terkenal dan nanti banyak orang yang menginginkan logo perusahaannya di desain oleh anda.

      Tapi disini anda harus mengetahui  bahwa anda perlu mengetahui arti dari suatu simbol dan warna, ingat yang anda pertama analisa adalah perusahaan itu milik orang mana, karena simbol di setiap tempat itu berbeda-beda.
    4. Prewed fotografer


      Nih jika modal anda DSLR atau Mirrorless anda bisa menjadi seorang prewed fotografer, bukan hanya keuntungannya yang sangat menjanjikan karena dari satu prewed bisa mengantongi urang sampai jutaan rupiah, banyangkan saja  itu sampingan anda kalau sebulan ada 8 orang yang menggunakan jasa foto anda kan lumayan, kalikan saja sekian juta.
      gambar dari detik.com



      Tapi ingat dalam dunia nyatanya tidak semudah kata-kata di atas atau juga tidak sesudah kata-kata di atas.

      Hal ini tergantung dari kepuasan pelanggan anda, jika dia puas maka anda tidak perlu promosi mahal-mahal karena pelanggan anda sendiri juga akan mempromosikannya.

      Sebenarnya hasil karya andalah yang mempromosikannya.

      Maka dengan demikian semakin terkenal anda semakin banyak juga orderan yang akan anda punya.

      Disini anda juga harus bisa dalam editing akhir karena mu tidak mau kalau hanya mengandalkan sentuhan kamera rasanya kurang, jago juga di Photoshop atau di coreldraw untuk pendukung penyempurnaan proses fotografi anda.
    5. Jual beli di marketplace


      Hah jual beli di marketplace? Apa maksudnya? Dan bagaimana sistem kerjanya? Maka jika setelah anda membaca itu timbul pertanyaan di atas berarti anda calon orang sukses Aamiin. Begini cara yang teman saya lakukan.
      gambar dari tdadepok.com



      Dia jago dalam bermain gitar dan tahu gitar mahal dan gitar murah, setiap hari hari-hari nya melihat situs marketplace seperti OLX.co.id Bukalapak.com dll.

      Dia melihat ada iklan baru menjual gitar, di jual dengan harga 800ribu, dia tahu bahwa harga baru gitar ini adalah 2juta, setalah itu dia konteksnya melihat cacat di fto dan kualitasnya, maka ada proses tawar menawar dan jadi dengan harga 700ribu, setalah itu dia pergi COD membeli barangnya.

      Nah setelah sampai rumah dia membersihkan dulu gitar yang baru dibelinya, pokonya sampai kinclong. Setelah itu foto lagi dan iklankan di situs marketplace dengan harga 1,5 juta, tidak lama karena dia jago dalam reviews barang dan disertakan harga barunya maka langsung ada yang kontekstual dia.

      Disana adu tawar harga dan akhirnya jadi di harga 1,1 juta, maka langsung setelah itu COD menjual barang, dan laku deh.

      Nah lihat keuntungan yang di dapat sekitar 400ribu itu kotor karena perlu bensin, perlu makan, dan perlu membersihkan gitar.

      Sehari dia bisa mendapatkan 1-3 gitar yang dia jual belikan. Namun kadang-kadang juga tidak sama sekali.

      Tapi jangan khawatir karena ini adalah cobaan bisnis yang harus anda lewati.



    Kesimpulan yang bisa di ambil dari peluang usaha bagi mahasiswa ini sangatlah banyak, namun anda harus tahu tentang potensi di lingkungan anda dan skill yang anda punya, mau tidak mau hal inilah yang bisa mendatangkan anda pada kesuksesan diri anda. Ingat usaha dan usaha. Karena saya tahu bahwa menjadi seorang mahasiswa itu terkadang banyak waktu yang terbuang sia-sia.

    Mungkin sekian saja artikel saya kali ini di tipscaras mohon maaf apabila banyak kesalahan dan kekurangan dalam artikel kali ini  dengan judul Ide peluang usaha bagi mahasiswa yang menguntungkan semoga dapat membantu dan bermanfaat, salam sukses.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "100+ Peluang Usaha Bagi Mahasiswa : Sangat Menguntungkan"