Pasar Domba Garut Atau Domba Tangkas

Pasar Domba Garut Domba Aduan Dari Tangguh


Hello pakai Calon Juragan dan para juragan yang sudah tampan, kasep tea, meureun. Baikk dalam kesempatan ini saya akan berbagi informasi tentang pasar domba garut atau domba tangkas untuk anda yang akan merintis usaha peternakan domba. 


Pasar Domba Garut Atau Domba Tangkas
pasar domba garut

Mungkin ada orang-orang yang pusing tentang bagaimana sih cara pemasaran yang tepat! Agar keuntungan yang dihasilkannya maksimal. Maka kalau keuntungan maksimal maka anda akan semakin tampan, meureun. Hehhe. becanda aja juragan. 

Tapi tunggu dulu. Jadi kita harus sangat peka terhadap anakan domba, karena dari sanalah kita akan tahu domba ini akan terus menjadi domba tangkas atau dijadikan sebagai domba pedaging. 
 

Jual Anakan Domba Tangkas: Usia Sapih Sudah Selesai Menyusui 



Jadi yang pertama ada tentang penjualan domba anakan yang sudah selesai menyusui: dari segi harga pasti akan lebih tinggi dari harga domba pedaging. Kalau kita analisa lebih jauh, maka anda harus tahu bagaimana ciri-ciri domba yang memiliki kriteria terbaik, seperti pada bulu, warna bulu, tanduk, dan tulang-tulang domba. 
 
Pasar utama anakan domba tangkas atau Petet ini adalah juragan juragan domba yang lain, atau juga orang-orang yang tertarik untuk membudidayakan domba ini. 

Nah kalau untuk anakan domba yang tidak sesuai kriteria aduan, maka sekarang anakannya di ambil untuk domba pedaging, dari segi harga pasti akan lebih rendah, tapi ya gimana lagi? Kita harus menjualnya secepat mungkin. Kenapa demikian? Kamar kalau ada anakan domba yang tidak seperti domba tangkas, ditakutkan nantinya ada Citra pada peternakan kita “peternak itu mah menjual domba campuran”. Atau paradigma yang akan muncul di masyarakat adalah domba yang bukan murni domba tangkas Garut. 


Pasar Domba Muda Antara Usia 8 Bulan Sampai 1 Tahun

Nah disini sekarang kita hanya membahas tentang domba Garut, tapi jika dari pertamanya Anda sulit untuk menjual domba yang tidak sesuai kriteria atau untuk calon pedaging. Maka sekarang disini akan ada pembahasannya sekilas saja.

Domba pada usia 8 atau 1 tahun biasanya dijual kepada penghobi domba. Karena di sini sudah kita lihat Bagaimana pertumbuhan dombanya, harga akan semakin mahal jika pertumbuhan domba sangat pesat. Tapi harga akan menjadi murah apabila pertumbuhan domba terhambat. 
 
Kalau saya bilang menjual domba muda ini seperti lotre, jadi untung-untungan. 
 
Kalau anda menjual domba yang sangat pesat saya pikir penjualannya bukan di sini, karena kalau domba Anda sangat pesat semakin hari dan semakin hari maka harga domba itu akan meroket tajam. Tapi kalau domba anda tidak pesat saya sarankan untuk menjualnya di sini dan Ini juga masih lotre, karena kemungkinan besar juga domba akan menjadi sangat pesat di peternak lain. 
 
Nah kalau ada kriteria domba yang belum terjual untuk dijadikan sebagai pedaging, alangkah baiknya anda segera menjual dombanya Pada masa ini, karena hal ini akan memberikan keuntungan pada anda dan memberikan keuntungan pada peternak lain yang akan mengurusnya. 

Menjual Domba Induk Agar Harganya Mahal 



Nah ini mungkin sering banyak orang yang bertanya Bagaimana sih cara menjual domba induk agar harganya sangat mahal
 
Padahal jawabannya simple saja tapi ini merupakan lotre juga. Jadi kalau anda ingin menjual indukan dengan harga yang mahal saya sarankan anda untuk menjual domba itu saat keadaan hamil. Ingat Jual domba saat keadaan hamil. Anda boleh menjualnya dalam keadaan hamil muda atau hamil tua, tapi kalau saya sarankan Anda menjualnya pada saat domba hamil sedang. Karena kalau domba saat hamil sedang mereka akan tahu bahwa domba itu benar benar hamil. Tidak seperti saat hamil muda dombanya belum kelihatan hamil. 
 
Nah saya ingatkan lagi penjualan ini sama seperti lotre jadi masih untung-untungan, kalau anakan domba nya sangat bagus nantinya maka ini adalah sebuah hal yang harus Anda pertimbangkan, tapi jika domba nanti keluarnya tidak untuk aduan, Saya pikir Anda sangat tepat dalam menjual domba. 
 
Tapi saya harapkan anda menjual domba hamil dan hasil di peternak anakan di peternak lain menjadi domba aduan, karena kalau menjadi domba aduan maka Citra anda sebagai penjual domba tangkas akan semakin meningkat, berbeda kalau dombanya menjadi domba pedaging maka Citra anda sebagai peternak menjadi down atau turun.

Kalau anakan domba Anda pertamanya salah atau semuanya menjadi domba pedaging, maka sistem ini yang harus Anda jalankan. Yaitu dengan menjual domba saat ada aqiqah menjual domba saat kurban adalah solusi yang paling tepat. 
 
Ada hal yang harus anda ingat bahwa saat aqiqah atau qurban harga domba bisa melambung agak tinggi dibanding hari-hari biasanya. 
 
Saya akan kasih contoh saja kepada anda: misalkan harga yang sehari-harinya dijual dengan uang dua juta setengah, pada saat ada orang yang aqiqah atau pada saat hari raya Qurban domba itu bisa terjual sampai 2,8 juta atau Rp3.000.000. Nah kan lumayan 100 atau 200000 juga bisa digunakan oleh kita untuk beli beras hehehehe. 

Ada hal yang harus anda ingat: kalau peternakan anda menghasilkan domba domba pedaging, saya pikir bibit-bibit di tempat Anda harus segera di hilangkan semua dan mengganti dengan bibit bibit domba yang baru. 

Saya hanya akan mendoktrin ini kepada anda “ Jangan pernah ragu untuk membeli bibit yang paling bagus walaupun itu mahal sekalipun, karena Ingat bibit itu adalah modal pertama anda untuk menghasilkan anakan anakan yang bagus dan berkualitas juga”. 

Kalau kita sadari pasar domba garut ini sangatlah lebih potensial dibanding dengan pasar domba pedaging, asal kita tahu bahwa ini adalah sebuah budaya yang harus dilestarikan, maka yang namanya Adu Domba dan harga domba garut ini pasti akan lebih fantastis dibanding harga domba pedaging. 
 
Namun Ada pula yang beternak seperti kakak saya dia konsentrasi di pedaging dan dia konsentrasi di domba garut kelas aduan. Jadi disini ada beberapa kandang yang pastinya harus terpisahkan antara domba adu dan pedaging. Tujuannya agar pengunjung tahu Bagaimana domba yang bagus untuk aduan dan tahu bagaimana ciri domba pedaging itu. Jadi seseorang bisa secara langsung melihat perbedaannya dan melihat keunggulan dari domba tangkas atau domba aduan ini. Nah jadi mereka Paham Kenapa domba tangkas atau domba aduan ini menjadi sangat mahal dibanding dengan domba pedaging. 

Untuk mengatasi bahwa kitab penjual domba campuran atau domba pedaging yang di mix dengan domba Garut. Maka kita harus memisahkan kandangnya tersebut dalam area yang agak berjauhan. 

Kalau untuk sektor pedaging, kakak saya itu melakukan sistem penjualannya untuk aqiqah qurban seperti yang di atas, dan biasanya pasar untuk konsumsi rumah tangga. 
 
Baik kesimpulan yang bisa kita dapatkan bahwa domba Petet tangkas ituu bisa laku mahal dibanding dengan domba petet pedaging. Dan sistem pemasaran domba ini bisa ke pamindangan domba, saat kontes domba, atau juragan juragan domba. Dari yang segi pedaging kita bisa sasar dari segi yang aqiqah atau qurban atau juga untuk konsumsi rumah tangga. Jika anda ingin mengharumkan peternakan Anda maka anda harus membuat bibit bibit unggul dan menjual bibit bibit unggul kepada orang lain atau peternak lain. 
 
Mungkin sekian saja bahasa dari saya tentang pasar domba garut atau domba tangkas mohon maaf apabila ada kesalahan Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pasar Domba Garut Atau Domba Tangkas"