10 Faktor Penyebab Haid Tidak Teratur Dan Menstruasi Tidak Lancar

Faktor Faktor Penyebab Haid Tidak Teratur Dan Mentruasi Tidak Lancar

Dalam pembahasan kali ini tips menjadi sehat akan membahas tentang  apa penyebab mentruasi tidak lancar ( tidak teratur ), mentruasi atau haid atau juga bisa disebut dengan tamu bulanan dalam bahasa yang singkat adalah proses peleburan sel telur yang terlampau matang yang mengakibatkan pendarahan atau darah keluar.

faktor haid tidak lancar
gambar dari obatcepathamil.com

Banyak faktor yang mempengaruhinya bisa karena beberapa gangguan hormon ringan dalam tubuh manusia ataupun penyakit ringan sampai bisa penyakit yang berbahaya, tapi jangan khawatir mari kita bahas tentang kenapa haid saya tidak teratur dan tidak lancar, sebelum membahas lebih jauh mari kita perdalami dahulu tentang menstruasi terjadi secara periodik dan paling umum terjadi bersiklus antara 26-28 hari, tapi siklus periodik ini berbeda beda ada yang kurang atau ada yang lebih antara 21-35 hari. jika anda telat datang menstruasi dalam 1-5 hari masih di anggapnya hal yang wajar dan masih umum.

baca: mengatasi nyeri haid

hal ini biasanya terjadi karena tubavalopi tidak melakukan anovulasi atau tidak melepaskan sel telurnya, hal ini terjadi karena aktivitas anda yang terlalu kurang atau terlalu berlebihan, juga bisa disebabkan oleh gangguan bisa karena penyakit atau hormon yang kurang memproduksi ( terlalu berlebihan ).  lantas apa saja faktor faktor penyebab datang bulan tidak teratur ? dan mari simak beberapa penyebabnya di bawah ini.

faktor penyebab haid tidak lancar dan tidak teratur


1. Pola hidup yang berubah cepat

jika biasanya kita malam dipakai untuk istirahat dan siang untuk melakukan aktivitas, ini berubah jadi siang untuk tidur dan malam untuk beraktivitas maka saya sarankan untuk selalu menjaga kesehatannya, pola hidup seperti ini biasanya sering di alami oleh karyawan pabrik karena adanya perubahan atau sistem kerja dengan sip pagi, sip siang dan sip malam.


baca: agar haid menjadi cepat datang


 hal ini akan mempengaruhi kesehatan juga, karena ketidak seimbangannya antara otak, indung telur, kelenjar di otak dan kelenjar tiroid. jika hormon tersebut tidak seimbang maka siklus periodik dalam haid akan terganggu, faktor utama dari pola hidup yang berbubah cepat yang mengakibatkan terjadinya menstruasi yang tidak lancar ini adalah kelelahan, stres, kurangnya istirahat, " mengakibatkan tidak seimbangnya produksi hormon di atas"

2. Aktivitas yang berlebihan dan menyebabkan kelelahan

bukan hanya yang disebutkan di atas tadi tapi masih banyak penyebab datang bulan tidak lancar seperti, aktivitas yang terlalu berlebihan dan waktu istirahat yang sangat kurang akan mempengaruhi datang haid tidak teratur.


baca: mengobati mentruasi yang lama

3. Alat kontrasepsi pil Kb

ini dia tidak jarang banyak wanita yang mengkonsumsi pil kb ini menjadikan mentruasi datangnya tidak teratur, yang seharusnya jika memang tidak ini terus berlanjut harus konsultasi kepada dokter demi kebaikan dan kesehatan kita bersama juga.

4. Berat badan yang terlalu kurus dan terlalu gemuk

hati hati untuk perempuan yang terlalu kurus jangan diet terus, dan yang terlalu gemuk silahkan untuk diet jika tidak ingin datang bulan secara tidak teratur, dan hal ini bisa menjadi teratur jika berat badannya kembali ke berat yang profosional tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus.


baca: hal harus dihindari saat anda haid

5. Sakit mengakibatkan tidak lancarnya menstruasi

entah sakit badan ataupun sakit hati, ini juga bisa menyebabkan seseorang wanita mengalami masa ovulasi yang lambat, karena saat sedang sakit tibuh kita tidak bisa berfungsi atau tidak menjalankan aktivitas pembuatan hormon secara normal, hal ini akan selesai jika kita hidup sehat atai setelah sehat dari sakitnya.

baca: penyebab utama haid kental

6. Menopause tidak memproduksi sel telur

hal ini biasanya terjadi pada wanita yang berusia lanjut atau lansia dimana sel telur sudah tidak diproduksi lagi, dengan demikian saat masa seperti ini tidak akan terjadi ovulasi atau pelepasan sel telur, hal ini bisa kembali lagi jika anda konsultasi kepada dokter. hal ini terjadi biasanya karena pengangkatan sel telur atau juga oprasi, tapi dari menopause jika ingin kembali haid lagi sangat sulit walaupun telah konsultasi kepada dokter

7. Masa peralihan produktik ke menopause

pada saat masa peralihan ini akan mengakibatkan wanita ovulasinya tidak teratur, karena biasanya dipengaruhi oleh usia dan saat seperti ini, usahakan jika ingin kembali haid teratur maka harus rajin olahraga, dan menjalankan hidup bersih dan sehat, jaga makanan dan jangan berlebihan. insyallah akan kembali haid lancar.


baca: makanan yang harus dihindari saat haid terjadi

8. Gangguan tehadap hormon tiroid

ovulasi dapat terganggu apabila hormon tiroidnya terganggu, hormon ini yang berfungsi untuk metabolisme tubuh jadi pada dasar dan intinya jika hormon tiroid terganggu maka siklus dari menstruasi akan terganggu pula, hal ini bisa anda rasakan menjadi dokter sendiri dengan merubah hidup menjadi lebih sehat, atau jika ingin langsung tahu silahkan hubungi dokter agar tahu penyebab yang pasti penyebab hormon tiroid dalam diri anda terganggu.

9. Emosional dan mental

jika anda selalu negatif thinking dan mental anda kurang kuat, seperti mudah merasa cemas, sering tersulut emosi, hati hati untuk perempuan jangan gampang tersulut emosi karena hal ini juga merupakan salah satu faktor penyebab siklus menstruasi tidak teratur, cara untuk menghindarinya sangat mudah dengan kita mengontrol emosi dan ingat Allah bersama orang yang sabar. 


baca; hal hal yang harus dilakukan saat haid

10. Penyakit dalam rahim

wow saat mendengarnya langsung takut dan amit amit jika terjadi, hati hati jika siklus haid tidak teratur bisa jadi penyebabnya karena kondisi kelainan pada rahim atau penyakit kista, kanker servik dan diabetes. sangat mengerikan bukan? dan mungkin itulah kenapa kita harus membaca penyebab mentruasi tidak lancar menurut medis, maka ayo lakukan pola hidup yanh sehat dan bermanfaat.

penyebab mentruasi tidak teratur
gambar dari detikindonesia.com

mungkin cukup sekian artikel saya kali ini terimakasih telah membaca artikel dari tips sehat yang berjudul faktor faktor penyebab haid tidak teratur dan mentruasi tidak lancar semoga tips sehat ini bisa bermanfaat, mohon maaf apabila ada kesalahan silahkan untuk mengoreksi di kolom komentar.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Faktor Penyebab Haid Tidak Teratur Dan Menstruasi Tidak Lancar"