Hal-Hal Yang Dilarang Dan Tidak Boleh Dilakukan Ketika Haid

Hal Hal Yang Harus Dihindari Dan Jangan Dilakukan Saat Mentruasi

Dalam kesempatan kali ini tentunya Anda semua masih di blog cara agar hidup sehat akan membahas tentang hal hal yang tidak boleh dilakukan saat mentruasi atau haid, mentruasi atau haid sudah tidak asing lagi dalam pendengaran kita apalagi bagi perempuan yang sudah masuk ke fase remaja,


Hal hal yang dilarang dan tidak boleh dilkukan ketika haid
gambar dari hallosehat,com

pada dasarnya perempuan akan mengalami proses mentruasi saat dia mulai masuk ke fase produktif, wanita yang masuk fase produktif ini dipengaruhi oleh perkembangan fisiknya dan juga umurnya, kalau umur rata rata perempuan mengalami mentruasi adalah saat ia berusia 13 tahunan, namun ada juga yang lebih dan kurang! Tergantung dari keadaan fisik seseorang wanitanya karena ada yang pertumbuhannya lebih cepat ada juga yang pertumbuhan nya lebih lambat. 

baca: mengatasi rasa nyeri ketika haid datang

Pada umunya wanita akan mengalami siklus haid sekitar 7 hari dari waktu 28 hari namun juga kadang kadang siklus ini bisa berubah menjadi 21 hari atau bertambah menjadi 30 hari lebih. Tapi tidak pada semua wanita akan terjadi mentruasi misalkan pada anak kecil yang pertumbuhan fisiknya belum mengembang dan pada orang yang sudah lanjut usia atau biasa disebut dengan menopause. 
 
Saat seseorang wanita mengalami fase haid atau mentruasi tentunya ada larangan dan ada hal yang harus dilakukan namun dalam artikel ini saya akan membahas tentang larangan yang tidak boleh dilakukan saat wanita mengalami fase mentruasi atau haid

Larangan saat mentruasi ( haid )

1. Tidak boleh menggunakan pembalut terlalu lama 

Inilah ang pertama adalah hal hal yang harus dihindari saat mentruasi Misalkan Anda menggunakan satu pembalut untuk satu Minggu itu hal yang tidak boleh Anda lakukan karena alangkah baiknya Anda mengganti pembalut secara berkala misalkan 3 jam sekali Anda mengganti pembalut, ingatlah kuman kuman yang siap bersarang di pembalut Anda jika Anda terlalu lama menggunakannya, kuman  kuman atau mikroorganisme akan sangat senang tumbuh di pembalut Anda apalagi saat Anda berkeringat, 
kelembapan dari keringat dan dari darah yang keluar saat Anda mentruasi akan membuat tumbuh dan berkembangnya kuman dan mikroorganisme secara subur. Dikarenakan hal itulah bisa menyebabkan seseorang wanita mengalami iritasi di vaginanya dan bisa juga membuatnya mengalami keputihan, dan jika Anda mengalami keputihan yang tidak normal hati hati dengan kesuburan produktifitas sel telur Anda ditakutkan akan mengalami kemandulan. 
  
2. Jangan sholat 

Inilah Hal hal yang harus dihindari ketika haid, Khusus untuk wanita muslim maka jika Anda sedang mengalami haid maka Anda jangan pernah sholat, apapun yang terjadi karena hukum sholat bagi yang mentruasi itu haram, Anda menjadi dosa saat sholat. Maka tinggalkanlah sholat Anda saat haid namun jika setelah haid Anda langsung mandi besar ( atau bersih bersih sesuai dengan aturan Islam ) dan kalau sudah silahkan anda untuk mengerjakan sholat kembali kalau memang sudah tidak mentruasi. 


baca: tips mengatasi haid yang lama

3. Hati hati dalam berenang 

Berenang merupakan hal hal yang harus jangan dilakukan ketika mentruasi maka alangkah baiknya Anda berhenti dahulu berenang. Lalu tanyalah pada diri Anda, Apakah berenang itu diperbolehkan saat mentruasi ? Kalau secara singkat diperbolehkan tapi ada hal yang harus anda ingat ialah apakah air kolam itu steril bagi kesehatan Anda dan kesehatan vagina anda? Ingat anda sedang masa mentruasi maka kalau bisa dihindari apalagi kalau Anda berenang di kolam renang umum, ingatlah kesterilan air kolam renang itu. Kenapa demikian ? Karana saata Anda berada di kolam renang umum saya tidak menjamin kebersihan dan kesterilan kolam renang itu. 
saya yakin ada orang orang yang meludah sembarangan dan orang orang yang kencing sembarangan di kolam renang itu, jika tidak percaya tanyakan dulu pada diri Anda apakah Anda pernah kencing dan meludah sembarangan di kolam renang? Hehehehe jangan tersinggung dengan perilaku seperti itu karena mungkin disana lebih cepat hehe. 

Bukan hanya itu saja tapi yang ditakutkan lagi ialah saat bakteri bakteri dan kuman kuman yang ada di kolam renang itu membuat kelembapan di pembalut Anda, sehingga mudahnya muncul dan berkembangnya mikroorganisme juga kuman kuman dalam vagina anda, maka jangan heran kalau orang yang suka berenang sering terjadi keputihan.
 Ketakutan kedua saat Anda berenang adalah biasan darah Anda mencampuri kolam renang itu heheh ingat semakin banyaknya limbah dalam air itu, banyangkan juga air kolam itu bercampur dengan air kening dan juga dengan darah mentruasi anda, apakah itu sehat? Apakah Anda tidak jijik?. 

Ketakutan yang ketiga adalah saat Anda berenang dalam keadaan haid adalah anda akan sangat mudah diserang penyakit, tapi ini bersifat nya umum bukan hanya untuk anda yang haid, apakah Anda yakin orang orang yang berenang disana tidak punya penyakit? Ihhh ingat apalagi kalau penyakitnya penyakit kulit yang mudah menular dan masuk terlarut oleh air ke vagina anda! Ihhh bayangkan kalau ada orang yang borok atau budug dan dibawa oleh air itu dan meresap ke vagina anda kan jadi sangat berbahaya! 

baca: makanan yang dilarang dimakan saat haid
 
4. Jangan berhubungan intim 
 
Apakah betul Berhubungan saat haid adalah hal hal yang dilarang dilakukan saat mentruasi? Berhubungan saat sedang mentruasi itu bisa dibilang sangat beresiko tinggi, mengapa demikian bukan hanya dilarang saja dalam agama Islam tapi kita lihat juga kalau Anda melakukan hubungan seksual ketika mentruasi, 


apakah Anda tidak merasa jijik? Kalau Anda tidak merasa jijik, maka sekarang tanyakanlah apakah Anda yakin bahwa berhubungan intim saat mentruasi itu aman dan steril? Saat terjadi pendarahan disekitar vagina apakah Anda juga yakin bahwa dari pendarahan itu tidak akan timbul kuman kuman dan mikroorganisme? Yang kita tahu di vagina yang mengalami haid pasti akan sangat lembap apalagi kalau juga seorang wanitanya dilanda dengan nafsu birahi yang sangat tinggi, kelembapannya pasti akan sangat besar dan disana tempat yang subur untuk kuman dan mikroorganisme berkembang. 

baca: hal hal yang wajib dilakukan saat haid
  
Ingat juga tentang kesehatan saat hubungan intim apakah tidak akan terjadi infeksi pada penis dan vagina anda? Ini yang ditakutkan yang pertama gara gara kuman kuman yang ada dan tercampur dengan darah “ darah kotor “ jika Anda melakukan hubungan seksual ditakutkan akan terjadinya penyakit kelamin entah bagi Anda perempuan atau lelakinya. 

Bayangkan saja seperti ini di dalam rahim Anda sedang mengalami peluruhan dan disekitar mulut vagina sampai dalam ada gesekan dari penis, apakah itu tidak membahayakan? Bagaimana jika terjadi iritasi dalam mulut vagina anda saat anda mengalami haid. Takut bukan? Maka sabarlah sebentar jangan biarkan kenikmatan sesaat Anda mematikan kenikmatan kenikmatan masa depan untuk anda. 
inilah hal yang jangan dilakukan saat haid Yang paling berbahaya ialah hubungan intim saat mentruasi itu bagi kaum perempuan! Dikarenakan bisa terjadinya kematian mendadak uang dikarenakan, pada saat mentruasi maka banyak pembuluh darah yang membuka dan ditakutkan saat berhubungan intim akan terbawa nya udara yang masuk melalui pembuluh darah tersebut, dan jika udara yang masuk itu sangat banyak ditakutkan menjadi malapetaka saat udara itu masuk jantung anda ( kematian mendadak ) 


5. Kurangi atau hentikan makanan dan minuman berkafein

Saat Anda haid maka harus pikir pikir lagi kalau anda minum atau makan makanan yang mengandung kafein apalagi kalau terlalu banyak, saat anda mentruasi maka perut anda akan mengalami kembung dan jika anda perlu banyak mengkonsumsi kafein maka disana akan terjadi kekembungan yang lebih lagi karena kafein akan meningkatkan kan asam lambung Anda dan membuat lambung Anda menjadi sangat kembung,


pada saat lambung atau perut Anda mengalami kekembungan disini anda akan merasakan hal yang tidak enak, seperti sakit haid dll, sakit haid ini dikarenakan adanya luka di bagian rahim dan sel telur yang sudah matang ditambah dengan tekanan dari membuangnya lambung anda, maka jangan heran kalau Anda minum kopi saat mentruasi akan mengalami kembung dan sakit saat Haidnya, maka hal ini pula akan membuat Anda tidak nyaman saat haidnya. Kalau bisa sebelum ke fase haid dan sesudah haid Anda menstop dahulu pengonsumsian kafein.

6. Bolehkan keramas? Apakah dilarang atau mitos belaka?

Apakah Anda yakin keramas adalah salah satu hal hal yang tidak boleh dilakukan saat haid? Maka kanannya adalah salah, banyak orang yang berkata seperti ini “ kalau Anda keramas saat haid maka maka akan membuat Anda pusing kepala,


 apakah yakin dengan keramas saat haid akan membuat sakit kepala? Dan saya baca di berbagai artikel mereka akan sakit kepala dikarenakan saat haid katanya pori pori kulit kepala kita menjadi membesar lalu berkeramas dan kemasukan air gara gara itulah menjadikan keramas saat haid tidak diperbolehkan atau dilarang!

Sakit kepala saat haid bisa Anda imajinasi kan terjadi bukan karena sakit kepala tapi dikarenakan tidak seimbangnya hormon progesteron dan estrogen yang terjadi dalam rahim sehingga dapat membuat darah hai yang keluar terlalu banyak, dikarenakan darah haid terlalu banyak yang keluar disana tubuh Anda kekurangan darah atau disebut dengan anemia ( karena itulah Anda akan merasa pusing ).

Berkeramas saat hai itu akan membuat Anda nyaman karena tidak membuat gatal gatal kulit kepala anda dan membuat anda lebih percaya diri, dikarenakan rasa bersih dan rasa wangi dari kulit kepala dan rambut Anda.


hal yang harus dihindari saat haid
gambar dari kompasiana,com

Mungkin dicukupkan dahulu sekian artikel kali ini di kumpulan tips hidup sehat untuk anda yang mau mengkoreksi atau mau menambahkan silahkan di kolom komentar, mohon maaf apabila terjadi banyak kesalahan. Terimakasih banyak telah mengunjungi blog sederhana ini dan membaca postingan kali ini yang berjudul hal hal yang harus dihindari dan tidak boleh dilakukan saat haid selebihnya semoga bisa bermanfaat dan membantu Anda.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal-Hal Yang Dilarang Dan Tidak Boleh Dilakukan Ketika Haid"