Siklus Haid Atau Daur Mentruasi Pada Wanita

Siklus Haid ( Daur Mentruasi )

Dalam kesempatan kali ini ya tentunya masih di kumpulan cara hidup sehat akan berbagi tentang apa itu siklus haid atau daur mentruasi, ada tahap wanita mengalami siklus ini yakni saat dia mulai tumbuh dewasa hingga akhirnya wanita atau perempuan itu sudah tidak produktif lagi atau disebut manopause, haid ini merupakan peluluruhannya dinding rahim dan sel telur yang sudah terlalu matang yang terdiri dari darah dan sebagian jaringan yang lunak yang terjadi kepada perempuan secara berkala setiap satu bulan sekali.


siklus haid
gambar dari areabumil,com

Peluruhan sel telur dan dinding rahim ini dikarenakan sel telur yang sudah matang di dalam rahim tidak dibuahi oleh sel sperma, kalau dibuahi oleh sel sperma maka akan mengakibatkan   bertambah tebalnya dinding rahim, juga bertambahnya saraf pembuluh darah yang dimungkinkan untuk menyokong hasil pembuahan tersebut atau yang biasa disebut dengan janin,
 Jika wanita mengalami mentruasi bisa dipastikan wanita itu sedang pada masa produktif, dan anak kecil tidak mengalami mentruasi dikarenakan dia belum dewasa secara fisiknya adapula orang yang sudah terlalu tua tidak mengalami mentruasi dikarenakan keadaan fisik di dalam yang telah berubah secara produktifitas. 

Siklus haid yang normal

Siklus haid ini biasanya dimulai saat seseorang wanita menginjak usia remaja atau kira kira usia belasan tahun, tergantung dari pertumbuhan dan perkembangan fisik seseorang namun jika orang tersebut memang pertumbuhannya cepat tidak bisa dimungkiri anak kelas 6 sd juga bisa mengalami masa mentruasi untuk pertama kalinya! Namun rata rata usia remaja mengalami masa mentruasi kisaran usia 13 tahunan.
 
baca: cara mudah mempercepat terjadinya haid


Siklus haid yang normal umumnya membutuhkan waktu 28 hari dai awal haid ke mulai mentruasi kembali, dan sekitar 28 hari juga disana terjadilah masa dimana akan adanya sel telur yang menjadi matang di tubapalopi keatas dari rahim! Namun jika tidak kunjung ada pembuahan maka akan mengalami masa dimana sel telur mengalami pelepasan dalam rahim atau yang biasa disebut dengan istilah mentruasi atau haid. 

baca: cara supaya haid tidak lama dan panjang

Dalam waktu setengahnya dari mulai mentruasi atau 14 hari jika normal disini akan terjadi pematangan telur bisa satu sel telur atau sampai bisa banyak, maka jangan diperankan kalau ada orang yang bisa melahirkan kembar, karena sel telur di dalam rahim ( yang keluar matang dari tubapalopi ) dan yang dinikahinya lebih dari satu. Namun adapula yang satu anak ini dikarenakan oleh sel telur yang matang dan dapat pembuatannya hanyalah satu.

Fase haid pada wanita

Wanita akan mengalami beberapa fase dalam satu bulan atau bisa disebut dengan 4 fase dalam mentruasi dimana fase fase ini akan dialami secara terus menerus selama wanita itu masih produktif.
 
Fase pertama yaitu Fase mentruasi 

Fase ini adalah fase yang rutin terjadi datangnya setiap bulan atau biasanya orang orang menyebutnya tamu bulanan, fase ini hanya terjadi pada wanita yang produktif yang sel telurnya tidak dibuahi oleh sel sperma.


baca: hal yang dilarang kethika haid

asalkan Anda tahu walaupun ada kalanya datangnya tamu bulanan ini sering sakit ( bagi sebagian orang ) namun kedatangannya sangat di tunggu tunggu dan apabila telah sehari dua hari atau sampai seminggu pun disana penuh dengan rasa cemas dan rasa was-was bagi sebagian orang. 

Fase mentruasi ini biasanya akan mengganggu aktivitas dikala hari pertama atau hari kedua saat haid, karena biasanya keluar darahnya sangat banyak, maka kalau di hari pertama atau kedua Anda harus sedia pembalut lebih sebelum tembus hehe.  
 
baca: penyebab haid menjadi kental menggumpal 

Jika siklus mentruasi Anda normal ( periodik 28 hari ) maka biasanya lama Anda haid adalah sekitar semingguan. Namun jika telah sehari ataupun lebih sehari masih dibilang hal yang sangat wajar. 

Fase kedua yaitu pra ovulasi 

Fase ini adalah fase dimana setelah  terjadinya mentruasi dimana dimungkinkan akan adanya bercak bercak yang masih keluar dari lubang vagina anda, jangan di khawatirkan jika di fase ini mengeluarkan darah darah atau berupa flek flek berwarna hitam ataupun kecoklatan dari vagina anda. 

baca: makanan yang jangan dimakan saat mentruasi

Selanjutnya disini terjadilah proses pembentukan ovum atau sel telur dalam ovarium, dan di dalam fase ini dimungkinkan untuk terjadi pembuahan secara akurat masih kecil, maka kalau berhubungan kemungkinan besarnya tidak akan terjadi kehamilan. 

Karena didalam fase ini kondisi rahim belum sepenuhnya menjadi normal kembali setelah masa mentruasinya, lama waktu yang dibutuhkan pada masa ini jika memang siklus haid Anda normal ialah skitar 5 hari setelah berakhirnya mentruasi. 

Fase ketiga yaitu saat ovulasi 
 
Fase ini adalah sebuah proses dimana sel telur yang telah matang atau siap dibuahi keluar dari rahim dan masuk ke tubafapi dimana disini jika terjadi, maka jika Anda ingin menunda kehamilan diusahakan jangan pernah melakukan hubungan intim pada masa ini tapi jika Anda sangat ingin berhubungan seksual saya sarankan Anda untuk menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom, tapi ingat lihat dulu kondomnya jangan yang bocor ya hehe. 

baca: hal yang harus dilakukan saat haid

Pada tahapan ini jika Anda ingin mempunyai seorang momongan atau ingin cepat cepat mengandung maka agak rajinlah melakukan hubungan intim di fase ini namun ingat usahakan peluncuran spermanya jangan melawan gravitasi terhadap sel telurnya, gaya terbaik dengan istri Anda di bawah dan diganjal oleh bantal pantatnya! Pada fase ini terjadi sekitar 4 hari atau kalau dihitung secara haid normal dengan waktu 28 hari pada tanggal 12-16 dari awal menstruasi. 

Tahap keempat yang terakhir adalah fase pasca ovulasi 
 
Fase ini adalah dimana mulai terjadinya penebalan pada dinding rahim yang akan berakibat pada sulitnya sel sperma masuk kedalam tubapalopi tempat bersemayamnya sel telur yang sudah matang. Hati hati dengan fase ini karena akan ada kenaikan hormon yang secara fluktuatif sehingga bisa memicu pada kesendirian seorang wanita.

Saat saat seperti ini maka wanita akan mengalami PMS ( pre mentrual syndrom ), jika telah berusaha gejala pms maka dinding rahim ataupun sel telur akan kembali mengalami pelepasan atau disebut mentruasi lagi. 

baca: faktor penyebab haid tidak teratur

Pada saat saat itu biasanya terjadi sekitar sepuluh sampai sebelas hari dari masa akhir ovulasi, dan jangan heran kalau saat dia setelah ovulasi mentalnya sangat kurang bisa dijaga! Harap Anda dapat memakluminya. 

Saat wanita sedang PMS itulah dimana saat saat yang ditakutkan oleh lelaki terjadi karena saat itu juga keagresifan wanita menjadi meningkat kalau orang orang bercanda kepada orang yang sedang PMS “ perempuan menjadi singa “ waw sangat mencengangkan karena saat PMS itulah perempuan menjadi tidak stabil emosinya. 
 

Siklus mentruasi yang tidak teratur

Siklus atau daur mentruasi tidak teratur ini biasanya waktunya yang berbeda beda dan tidak terjadi secara periodik atau berkala, siklus haid yang tidak teratur ini berasal dari pengaruh fluktuasi hormonal, dimana hormon yang seharusnya berjalan secara normal menjadi fluktuatif atau berbeda beda, hal semacam ini biasanya terjadi pada remaja.

Penyebab haid tidak teratur ini biasanya jika Anda kegemukan, jarang oleh raga, atau terlalu banyak olahraga, pola makan, alat kontrasepsi dll. 

Daur mentruasi pada perempuan juga ada kalanya mendapat halangan yang menjadikan haid tidak teratur, ketidak peraturan ini bisa dibedakan menjadi dua yaitu haid yang terlalu lama dan haid yang terlalu singkat. 
 
Jika Anda ingin terhindar dari gangguan saat haid atau mentruasi anda bisa melakukan pola hidup yang sehat, karena mau tidak mau hal ini terjadi karena gaya hidup Anda yang tidak sesuai sehingga mengakibatkan fluktuatifnya hormon yang dihasilkan oleh tubuh anda, mencukupi kebutuhan gizi adalah salah satu pencegahan agar anda terhindar dari haid yang terlalu lama atau haid yang terlalu singkat. 

Namun jika Anda ingin lebih lanjut tentang penyebab nya dan ingin tahu lebih dalam tentang pengobatannya Anda bisa konsultasi dan menghubungi langsung ke dokter. 


daur mentruasi
gambar dari tanyaapoteker,com

Mungkin hanya sekian saja artikel kali ini di kumpulan tips sehat mohon maaf apabila terjadi banyak kesalahan atau kekurangan selebihnya mohon maaf lahir batin, dan terimakasih banyak telah Anda menyempatkan waktu Anda untuk membaca postingan kali ini ya g berjudul siklus haid dan daur mentruasi kurang lebihnya jika Anda mau menambahkan atau mengkoreksi silahkan di kolom komentar semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siklus Haid Atau Daur Mentruasi Pada Wanita"