Tips Mengatasi Haid Yang Lama Juga Panjang

Tips Dan Cara Mengatasi Siklus Mentruasi Yang Lama

Dalam kesempatan kali ini di Kumpulan cara sehat saya akan berbagi artikel yang berjudul tips dan cara mengobati siklus haid yang lama, siklus haid yang terlalu lama atau panjang ini ladang kadang juga membuat penderitanya sangat cemas dan bertanya tanya kenapa bisa terjadi seperti ini, mereka cenderung akan gelisah sama halnya segelisah telat datang bulan. Periode normal datangnya mentruasi antara 6-7 hari atau bisa dibilang semingguan, tapi pada kenyataannya datang bulannya kok datang secara lebih lama bahkan sampai ada yang mentruasi selama 2 minggu.
  
cara mengobati haid yang lama
gambar dari merdeka,com

Haid yang terlalu panjang atau terlalu lama bagi kaum wanita bukan hanya mengakibatkan rasa khawatir namun juga dapat mengakibatkan kekurangan darah karena darahnya banyak yang keluar, selain itu pula saat mentruasi yang terlalu panjang ini akan berdampak pada kesuburan seseorang karena masa ovulasi nya tidak terdeteksi secara matang, haid yang terlalu lama ini biasanya terjadi karena pendarahan di rahim Anda sedangkan pelepasan sel telur yang sudah matangnya sedikit.

baca : mengobati rasa sakit saat mentruasi
 
Salah satu penyebab haid yang terlalu lama ini adalah fluktuasinya hormon esterogen dan progesteron, dimana dalam keadaan ini hormon progesteron terlalu banyak sedangkan hormon esterogen sedikit sekali sehingga pendarahan di rahim terus menerus. 
Pendarahan di rahim ini sering terjadi pada saat mau masuk ke masa pre menaopause penyebab hal ini dikarenakan sudah jarangnya terjadi masa ovulasi, maka jika Anda masih remaja atau pubertas mengalami fase seperti ini segeralah berkonsultasi pada dokter dikhawatirkan Anda tidak bisa mengandung karena kesuburan sel telurnya sudah berkurang, namun Anda juga jangan langsung khawatir karena bisa saja ini dikarenakan fluktuasi hormon yang di atas disebut kan yaitu progesteron dan estrogen. 

baca: daur mentruasi wanita

Jika hormon progesteron berlebihan dan estrogen terlalu sedikit ini akan mengakibatkan penebalan pada dinding rahim Anda atau disebut hiperplasi dan tidak diikuti oleh penyangga yang memadai, dikarenakan hal inilah sehingga rahim Anda menjadi sangat rapuh sehingga pada masa sebelum anda masuk mentruasi pun bisa terjadi pendarahan.

baca: hal yang tidak boleh dilakukan saat haid   

Ada juga masalah kesehatan yang bisa menjadi faktor penyebab siklus haid menjadi lama, seperti gangguan penyakit rahim, gangguan darah, kista ovarium, infeksi, gangguan pembekuan, kanker atau juga gangguan tiroid. 
 
Salah satu efek dari haid yang berkepanjangan jika dikarenakan pada gangguan hormonal ( masih terjadi ovulasi ) adalah kita menjadi tidak tahu kapan saatnya masa subur dan kapan tidaknya karena jika teratur dan haidnya tidak terlalu lama akan mudah untuk menentukan masa subur dan tidaknya sel telur. lantas bagaimana cara mengatasi haid yang lama? maka mari lanjut saja anda membaca artikelnya/

maka disarankan jika Anda sangat ingin mempunyai anak lakukanlah secara rutin berhubungan intim dengan istri Anda tapi sebaiknya konsultasi dahulu ke dokter agar anda dipastikan sehat atau enggaknya, tapi kalau tidak mau terjadi kehilangan maka gunakanlah alat kontrasepsi seperti pil KB atau kondom. Saya juga pernah bahwa alat kontrasepsi juga seperti pil  bisa mempengaruhi pada tingkat lama tidaknya mentruasi. 

baca: penyebab darah haid tidak encer

Kenapa sulit mengetahui masa subur atau tidaknya? 

Jika Anda dalam keadaan mentruasi secara normal di misalkan setiap 28 hari mulai terjadi mentruasi maka disini anda bisa menghitung dengan mudah masa subur atau tidaknya dengan membagi dua dahulu di hari 28 : 2 = 14 maka jika haidnya normal antara 7 hari masa subur Anda bisa diketahui sekitar  hari ke 14 dihitung dari hari pertama haid atau hari ketujuh setelah berhenti mentruasi. 

Disini ada pengamanan yang bisa Anda ambil 2-3 hari sebelumnya dan 2-3 hari sesudahnya.

baca: makanan yang harus dihindari saat mentruasi

Pada dasarnya seorang wanita yang susah dewasa atau sudah pubertas akan mengalami masa haid sekita 12 sampai 13 kali dalam satu tahun, ( jika memang tidak hamil ) karena jika Anda mengalami kehamilan maka hal ini tidak akan terjadi.

Cara alami mengatasi panjangnya siklus haid

Dikutip dari merdeka saya akan membahas ada makanan makanan atau bahan yang alami yang konon katanya bisa membuat haid menjadi normal kembali.

1. Dengan menggunakan kayu manis 

Rempah ini sudah dipercaya sejak jaman dahulu oleh bangsa mata sipit atau yang kita tahu yaitu tongkok,mandarin, rrc, atau china, caranya jika Anda ingin mengkonsumsinya yaitu dengan merebus kayu manis ini dan bisa disajikan dengan teh, setelah itu silahkan anda minum dan minumlah secara rutin, tapi ingat jangan terlalu berlebihan. Kalo bisa juga ini dia tanyakan oleh Anda pada dokter tentang apakah kayu suplemen dari kayu manis yang sudah jadi bisa mengatasi haid yang berkepanjangan? 


baca: hal hal yang dianjurkan ketika haid

2. Makanan yang banyak mengandung magnesium 
 
Kebanyakan orang juga mentruasi yang lama disebabkan oleh kekurangan magnesium dalam tubuhnya atau asupan magnesiumnya tidak mencukupi, sehingga yang berakibat pada siklus mentruasi yang berlangsung lama, maka disarankan lah Anda mengkonsumsi makanan makanan yang mengandung magnesium yang berlimpah seperti semangka, labu kedelai dll. 
 
3. Tidur yang cukup 
 
inilah dia tips mengatasi haid yang lama Jangan sepelekan jika anda kurang tidur karena pada saat anda kurang tidur inilah metabolisme tubuh anda akan terganggu dan akan berdampak pada fluktuasinya hormon hormon dalam tubuh Anda termasuk juga hormon progesteron dan estrogen yang berkontribusi besar dalam kesuburan Anda, dengan tidur yang cukup yang konon katanya tidur minimal 8 jam sehari ini bisa membuat Anda kembali ke posisi awal star jadi tidak lelah dan tidak lagi membuat kacaunya metabolisme tubuh anda. 

baca: penyebab utama haid tidak lancar

4. Asupan makanan dan minum air secukupnya 

Cara mengatasi mentruasi yang berkepanjangan  yaitu dengn asupan makanan yang cukup juga bisa dan minum air dengan minimal 8 gelas sehari ini saya pikir akan mampu membuat Anda berkurang dari resiko haid yang lama, karena mau tidak mau metabolisme dan hormon kita dipengaruhi sama asupan makanan dan aktivitas kita, maka harus anda ingat dengan kata minimal di atas dan dengan asupan yang sehat untuk tubuh Anda. Air mineral juga dipercaya sebagai salah satu obat alami untuk pengenceran darah karena ditakutkan bahwa anda haidnya terlalu lama di karenakan darahnya kental sehingga sulit untuk keluar. 

5. Nanas sebagai pengencer darah 

Nanas ini bukan hanya buah yang segar dan enak sekali rasanya, apalagi kalau di buat rujak sangat menggiurkan di lidah, tapi sebaiknya ingat kata mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka saya sarankan bahwa nanas ini bisa dipergunakan untuk mencegah agar haid Anda menjadi lancar dan normal. Namun Anda harus hati hati jika Anda mempunyai penyakit pada lambung Anda seperti maag, karena ditakutkan saat Anda mengkonsumsi buah ini asam lambung Anda menjadi naik.
Dalam buah ananas ini terdapat enzim pengencer darah yang disebut dengan enzim Bromelain juga memiliki sifat anti inflamasi. 

6. Raspberry merah 

Buah raspberry merah yang memilik kandungan Berikut ini daftar senyawa yang terkandung dalam buah raspberry: Karbohidrat, Gula alami,  Lemak tak jenuh, Monounsaturated, Polyunsaturated, Protein, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Beta-karoten, Kalsium, Zat besi, Sodium, Mangan, Anthocyanin. Dll . 

Karen kandungannya dan karena senyawa di dalam buah raspberry ini dipercaya oleh orang orang sebagai obat untuk mengatasi haid yang berkepanjangan! Caranya yaitu dengan memasukan buah raspberry ini kedalam gelas lalu disiram oleh air panas, tunggu hingga dingin atau hangat kuku setelah itu anda minum. Usahakan bahwa buahnya terlebih dahulu dicuci oleh air bersih. 
 
Olahraha yang seimbang pun bisa mengurangi resiko haid yang berkepanjangan, saat olahraha juga bukan hanya mengeluarkan racun lewat keringat tapi hak ini juga membuat lemak kita terbakar. Ada yang harus anda tahu lagu bahwa dengan olahraga yang seimbang dapat melancarkan sirkulasi darah kita sehingga juga dapat membantu metabolisme tubuh menjadi normal dan akhirnya berakibat juga pada sistem kerja hormon yang menjadi optimal sehingga membuat haid Anda menjadi lancar. 

Jika haid ini terus berlanjut maka saran terakhir adalah dengan doa dan usaha pergi ke dokter, agar anda dapat dengan pasti mengetahui kenapa dan bagaimananya dengan tubuh Anda, tulisan ini hanyalah berbagi pikiran heheh. 

cara mengatasi haid yang lama
gambar dari elifmedika,com

Dan mungkin cukup sekian saja artikel kali ini di tips agar hidup sehat mohon maaf apabila ada kesalahan dan ada kata yang tidak Anda mengerti selebihnya Anda bisa mengoreksinya di halaman komentar di bawah terimakasih banyak telah berkunjung ke blog ini dan membaca artikel kali ini yang berjudul tips dan cara mengatasinya siklus mentruasi yang lama atau panjang akhir kata semoga bisa bermanfaat!



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengatasi Haid Yang Lama Juga Panjang"