Tips Mengatasi Nyeri Juga Sakit Saat Menstruasi Secara Alami

Tips dan Cara Mengatasi Nyeri Juga Sakit Saat Menstruasi

Dalam artikel ini kita dari blog cara agar sehat akan membahas tentang gejala yang di alami oleh sebagian perempuan di dunia yaitu bagaimana  tips beserta solusi mengatasi nyeri dan sakit saat menstruasi, sebelum ke hal pokok kita beberkan dahulu agar mudah dipahami dan dimengerti siklus mentruasi adalah siklus periodik yang di alami oleh wanita setia bulannya, tentunya untuk wanita yang produktif,  intinya haid merupakan pemikiran sel telur yang sudah matang di dalam rahim. 
tips mengatasi nyeri saat datang bulan
gambar dari hellosehat.com

Mungkin jika terjadi luka disetiap tubuh kita sering mengalami sakit tapi pada saat ada nyeri hal itu bisa di atasi. Jangan khawatir saat sakit pada saat haid berlangsung jika pada saat anda memeriksa tidak ada hal yang membahayakan dirinya anda dan harus hati hati jika datang haid yang sakit secara lama dan terus menerus, segera konsultasikan pada dokter keluarga anda. 
 
baca: cara mempercepat datang bulan

Saat menstruasi atau datangnya tamu bulanan ini ada kalanya hal yang sangat di idam idamkan oleh orang yang ingin mempercepat datangnya menstruasi tapi setelah di idam idamkan kok malah menjadi rasa sakit yang berlebihan? Mari kita akan bahas cara dan solusi agar tidak nyeri saat haid.
Pada saat haid ini biasanya timbul gejala dari datangnya haid itu sendiri seperti, rasa nyeri dan kejang pada perut dengan area bawah yang berlebihan, nyeri yang amat luar biasa ketika ditekan, badan lemas menahan rasa sakit dan wajah menjadi agak pucat, cairan haid keluar seperti gumpalan darah kotor yang kehitaman. 

Cara mengatasi nyeri haid

ini adalah langkah tepat dan cepat sebagai cara mengatasi sakit saat haid yang sangat berlebihan. Rasa sakit ini bisa di karekana oleh beberapa faktor di antaranya seperti endometriosis { pemicu utama datangnya rasa sakit pada saat siklus haid berlangsung karena ini adalah kondisi dimana berlangsungnya endometrium keluar dari uterus}.

baca: siklus haid wanita


 Rasa sakit bisa juga disebabkan oleh kram { rasa sakit saat kram sangat menyiksa tubuh menjadi lemas seperti akan pingsan, pada saat sakura di bagian perut bawah}. Karena penyakit di dinding rahim { hati hati dan segera konsultasi berobat pada dokter spesialisnya karena bisa sangat membahayakan dirin Anda. 

1. Cara memgatasi nyeri haid pada hari pertama datang bulan 

Saat datang pertama mentruasi dan Anda ingin segera langsung, Anda bisa menghangatkan bagian dari perut Anda dengan menghangatkan handuk yang di tempel pada perut yang sedang sakit haid, cara ini setidaknya sedikit membuat kontribusi agar haid tidak terlalu sakit ( atau bisa juga anda coba dengan air hangat yang di masukan pada botol ). 

baca: cara mengatasi haid yang lama

Berbaring beristirahat di tempat yang nyaman, ini merupakan cara alami agar haid tidak nyeri karena dengan berbaring dan beristirahat, rasakan suasana kenyamanannya jangan terlalu Anda memikirkan rasa sakit nyeri pada perut Anda. Intinya buatlah serileks apapun tubuh Anda dan jangan sampai tegang karena akan menambah rasa sakitnya. 

Dibalurkan minyak kayu putih yang tidak terlalu panas dan menghirup aromaterapi dari wangi kayu putih,. Cobalah lah buat diri Anda serileks apapun jangan terlalu capek capek dan cobalah untuk memijat mijat perlahan dengan minyak kayu putih ini, ( jangan memijat tanpa minyak kayu putih karena bisa saja lebih saki, kenapa? Minyak kayu putih adalah cairan minyak hasil dari daun kayu putih, bisa berfungsi sebagai pelumas antara perut dengan tangan Anda” bisa lebih melembutkan.

baca: hal yang harus dihindari saat datang bulan 

Jangan konsumsi makanan yang minuman yang terlalu dingin atau beku : karena hal ini bisa membuat efek yang tidak nyaman, dan kembung. 

2. Olahraga yang rutin bisa mencegah rasa sakit saat menstruasi 

Dengan olah raga yang baik dan teratur juga porsinya cukup, tidak terlalu berlebihan bisa melancarkan haid dan membuatnya tidak sakit, karena untuk olahraga yang sesuai dengan porsinya akan membuat sistem metabolisme tubuh akan berjalan sesuai dan aliran darah akan lancar,  untuk yang kurang berolahraga biasanya haid datangnya suka telat dan terasa lebih sakit. 


baca: penyebab darah haid mengental
 
3. Minum dan makan jangan telat 


 
Kenapa minum jangan telat?  Pada saat kita melakukan aktivitas sehari hari atau aktivitas yang berlebihan pada saat menstruasi diharapkan untuk tidak lupa untuk minum karena apada saat itu darah kita sedang keluar dan jika merasa sakit cobalah untuk meminum air hangat, bisa air teh hangat. 

baca: makanan yang harus dihindari saat haid

Cara ini bisa mengurangi rasa sakit dan ingat harus selalu fokus untuk berkonsentrasi jangan sampai kekurangan cairan dalam tubuh Anda. Ingat konsumsi minimal 8 gelas air mineral  sehari, ingat kata MINIMAL. Pola makan juga harus sesuai jangan pernah telah makan sampai Anda bisa kelemahan ingat untuk makan dan mencadangkan energi untuk aktivitas Anda hehehe. Kan aktivitas kita bukan hanya untuk hari ini saja. 

4. Konsumsi buah dan sayur mengandung vitamin c dan zat besi 
 
Ini adalah tips alami mengatasi nyeri dan sakit saat haid, karena kita tahu vit c adalah salah satu cara untuk mengatasi kita dari datang bulan yang telat, karena vit c bisa merangsang hormon agar peluruhan cepat berlangsung. Jika untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat besi ini biasanya untuk para wanita yang bertekanan darah yang rendah yang cenderung memiliki  rasa sakit saat datangnya menstruasi. 
 

Cara menghilangkan nyeri haid sebelum haid 




1. Jangan terlalu stres

Karena apada saat kita stres membuat hormon dalam tubuh kita menjadi kacau, cobalah untuk selalu positif thinking dan selalu santai namu serius dalam menghadapi apapun itu, jika hormon baik metabolisme dalam tubuh baik maka sistem kerja diri kita juga akan sehat dan tidak akan mengalami sakit lagi pada saat haid berlangsung. 

baca: hal hal yang harus dilakukan ketika datang bulan

2. Kurangi makanan yang mengandung garam
 
Agar tidak dehidrasi dalam tubuh maka kurangi konsumsi garam, karena kita tahu garam bisa membuat cairan atau ion dalam tubuh kita berkurang “ garam menyerap cairan” ini saat menstruasi ataupun menjelang menstruasi coba untuk mengurangi makanan bergaram ini. 
 
3. Berolahraga ringan dan jangan menunda waktu tidur 

Berolah raga yang ringan seperti ini i bisa membuat seseorang mengalami lancar, ataupun juga anda bisa melakukan olahraga ringan ini sebelum tidur coba untuk merilekskan otot otot Anda dengan olahraga  yang tenang seperti senam pemanasan, ini adalah cara untuk mengobati nyeri haid bukan hanya itu saja tapi dengan olah raga ini kita bisa tidur lebih nyenyak! 

baca: faktor haid tidak lancar
 

Obat tradisional untuk mengatasi nyeri haid “ kata mamah”

1. Kunyit obat alami stop nyeri saat mentruasi

Kunyit mamah bilang mempunyai zat anti peradangan yang konon katanya anti peradangan ini dapat membatu mengobati rasa sakit saat haid, Anda bisa menggunakan.beli langsung Seperi obat yang meredakan sakit haid seperti kurangi di pasaran juga banyak atau jika malas, silahkan buat sendiri parut 3 ruas kunyit yang sedang lalu rebus dengan 6 gelas air biarkan menjadi 2 gelas minum deh 1 gelas untuk pagi dan 1 gelas sebelum tidur dan tentunya sudah makan yah, jika pahit dan peuheur silahkan anda kreasikan sendiri bisa memakai madu. 

2. Jahe solusi tepat mengatasi nyeri datang bulan 

Jahe bukan hanya bermanfaat sebagai obat untuk menjaga stamina namun jahe juga bisa di manfaatkan sebagai sarana untuk mengobati rasa sakit menstruasi, ramuan ala mamah saya dengan jahe, keprek jahe secukupnya lalu rebus dan tambahkan gula merah atau gula Jawa bulan hanya enak tapi ini juga konon katanya bisa menyembuhkan rasa sakit haid saat remaja hehehe, 
cara mengatasi nyeri dan sakit saat mentruasi
gambar daari kompas.com

  Kalau sudah melahirkan katanya rasa sakit haid ini jarang terjadi, dan mungkin hanya sekian saja artikel saya kali ini di tipscaras.blogspot.co.id terimakasih telah membaca artikel saya kali ini yang berjudul  tips dan cara mengatasi nyeri juga sakit perut saat  menstruasi, mohon maaf apabila ada kesalahan dan silahkan untuk mengoreksi di kolom komentar.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengatasi Nyeri Juga Sakit Saat Menstruasi Secara Alami"