Hal Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Haid

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Saat Mentruasi

Dalam kesempatan di kumpulan tips hidup sehat kali ini saya akan membahas tentang apa saja hal hal yang boleh dilakukan atau harus dilakukan ketika Anda haid, haid merupakan siklus yang umumnya akan dilewati oleh perempuan dalam skala waktu satu bulan sekali yang normalnya haid ini akan terjadi selama 7 hari, haid atau mentruasi pada pempuan ini menandakan bahwa ia sedang mengalami fase produktif ( bisa beranak ) karena kalau sudah tidak produktif seseorang wanita akan mengalami stop haid atau dinamakan dengan menopause, menopause ini terjadi pada orang orang yang sudah lanjut usia. Tapi ada juga misalkan dengan anak anak tidak mengalami mentruasi dikarenakan dia secara fisik belum dewasa.


hal hal yang harus dilakukan saat haid
gambar dari tribunnews,com

Jika seseorang peperempuan mengalami siklus haid atau daur mentruasi dipastikan seseorang itu harus bisa menjaga kesehatan tubuhnya, asalkan Anda tahu bahwa saat haid ada hal hal yang di anjurkan dan ada hal hal yang tidak boleh dilakukan yang bertujuan untuk menjaga kesehatan secara jasmani rohani Anda. Yang dimaksud secara ronahi karena dalam Islam orang yang mengalami haid tidak diperkenankan untuk mendirikan sholat. 

baca: cara mengobati sakit ketika haid

 

Beberapa hal yang wajib dilakukan ketika haid

1. Menganti pembalut secara rutin 

Mungkin disini anda akan bertanya tanya tentang mengganti pembalut secara rutin, yang dimaksud secara rutin disini anda harus mengganti pembalut Anda minimal 3 jam sekali atau maksimal 4 jam sekali, mengapa demikian? Ini bertujuan agar darah haid yang keluar tidak terlalu menumpuk dan tidak terlalu lama terjebak dalam pembalut bersentuhan dalam vagina anda.
 Karena jika hal ini dibiarkan secara terus terusan maka ditakutkan akan mengakibatkan jamur jamur, kuman kuman, dan mikroorganisme akan tumbuh dengan subur yang akhirnya akan membuat iritasi dan infeksi pada vagina anda. 

Dengan mengganti pembalut secara berkala tiap 3-4 jam sekali saya yakin kebersihannya akan selalu terjaga. Yang dapat meminimalisir terjadi perkembangan bakteri-bakteri berbahaya di vagina anda. Keuntungan secara rutin dalam mengganti pembalut juga ada yang lainnya seperti kita dalam beraktivitas akan menjadi percaya diri karena kita sudah tidak ditakutkan lagi “ bocor/tembus”. 

baca: siklus haid pada wanita

Kebanyakan orang di Indonesia itu mereka mengganti pembalut setelah mereka bocor, hal ini sering terjadi pada anak anak sekolahan, hehe. Soalnya saya sering melihat teman teman saya dahulu sering tembus dan akhirnya dia memakai jaket di sekitar sana untuk menghalangi kebocorannya tersebut. 

2. Selalu membersihkan area vagina anda 

Area vagina anda harus selalu bersih, inilah hal yang harus dilakaukan saat haid, Anda disini bisa membersihkannya dengan air bening yang harus anda yakinkan duku bahwa air disitu tidak tercemar. Membersihkan vagina anda juga kalau bisa juga memakai sabun untuk menghilangkan bakteri bakteri jahat atau kuman kuman yang muncul saat Anda mengenakan pembalut. Ada hal hal yang harus di perhatikan saat Anda mau memberikan vagina. 

baca: cara mengatsi haid yang lama

A. Harus aman dan nyaman
Maka disini anda harus memastikan dahulu suasananya aman dan nyaman, ingat jangan pernah ada yang ngintip karena malu heheh, maka kalau diwc yang harus anda lakukan adalah mengunci terlebih dahulu wcnya. 

B. Cuci tangan dahulu
Anda harus mencuci tangan Anda terlebih dahulu dan pastikan bahwa tangan Anda steril dari kuman berbahaya! Cuci tangannya boleh menggunakan sabun antiseptik seperti d#tol, l#ifeboy dll terserah anda yang pastikan sabun itu bisa menghilangkan kuman. 

baca: yang perlu dihindari ketika haid

C. Saat membersihkan
Saat Anda membersihkan vagina anda usahakan secara menyeluruh, ini bertujuan agar vagina anda selalu bersih dan sehat jauh dari kuman jahat yang dapat mengakibatkan penyakit. 
 
3. Olahraga ringan 

Dalam berolah raga maka disarankan Anda untuk berolahraga ringan dan jangan sampai berolah raga keterlaluan atau berlebihan, dalam olahraga ringan ini bertujuan untuk menormalkan tekanan darah dan aliran darah juga. 
Sehingga metabolisme Anda pun akan menjadi normal dan menormalkan juga Anda hormon progesteron dan estrogen yang berperan penting saat Anda haid. Ingat jangan pernah Anda berolahraga yang berlebihan karena kalau Anda berolahraga yang berlebihan bukan hanya membakar kalori dan energi yang sangat besar namun juga ini akan mempercepat pompa jantung Anda sehingga darah akan mengalir dengan cepat, 

ingat saat Anda haid ada luka di rahim dan sel telur Anda ditakutkan akan terjadinya banyak darah yang keluar yang akan mengakibatkan Anda menjadi sangat pusing dan lemas karena kekurangan darah dan energi. 
 
4. Selalu membersihkan badan 
 
Lanjut ke apa yang harus dilakukan saat haid?  Lalu jika Anda bertanya lagi tentang kenapa harus membersihkan badan anda sat haid ini diharuskan untuk anda supaya selalu nyaman dan sehat, kebersihan badan anda akan berakibat baik pada kenyamanan dan perasaan Anda menjadi lebih baik lagi, saat Anda merasa lebih baik dan tanpa ada gelisah, maka Anda metabolisme Anda akang sangat baik. 
Setelah metabolisme Anda sangat baik maka dalam pembuatan hormon esterogen dan progesteron akan menjadi lancar juga, dengan demikian haid Anda akan mengalami kelancaran tanpa adanya rasa nyeri yang timbul karena ketidaknyamanan Anda! 

5. Makan yang teratur dan minum yang cukup 

Ingatlah sama makan agar anda tidak lemas setelah Anda menjalani aktivitas sehari hari Anda, dengan makan teratur akan membuat Anda lebih fresh dan ingat pada sistem metabolisme tubuh anda agar terjadinya keseimbangan dalam pembuatan hormon, 

dengan makan juga akan membuat Anda lebih bersemangat lagi dan ceria, jika asupan makanan andapun mencukupi kebutuhan sehari hari Anda maka salahsatunya penyebab sakit haid bisa Anda atasi! Namun masih ada lagi penyebab nyeri haid yang lainnya, pola makan yang baik untuk yang sedang haid biasanya dianjurkan makanan yang memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna namun dalam hal ini Anda bisa melakukannya sendiri sesuai dengan aktivitas yang anda lakukan sehari hari.
Kenapa demikian? Karena jika ada perempuan yang sering beraktivitas dengan fisiknya akan membutuhkan energi kalor lebih banyak daripada orang yang hanya diam atau beraktivitas biasa. 
Anda juga jangan pernah lupa untuk minum karena biasanya banyak orang yang badmood kalau minum dan makan saat mentruasi dan inginnyatuh dia malah marah marah melulu makan dengan makan dan munim yang cukup ini adalah hal yang perlu dilakukan saat haid.

6. Jangan terlalu lelah 

Maka inilah langkah selanjutnya hal yang harus anda lakukan yaitu jangan terlalu terlelap dengan aktivitas anda, Anda bisa sedikit mengurangi aktivitas jika memang aktivitas yang sehari hari membuat Anda sangat kelelahan. 
Mengurangi aktivitas anda bukan berarti membuat Anda bermalas malasan. Ingat dulu sama kewajiban yang harus anda lakukan. Jika Anda sangat lelah dikhawatirkan Anda akan merasa sangat sedih dengan kondisi Anda atau tidak happy, Karana kelelahan itulah yang bisa memicu hormon menjadi tidak seimbang. 

7. Selalu senang jangan bersedih 

Jika Anda sedang senang atau Anda sedang mentruasi maka jangan pernah bersedih tapi Anda harus selalu senang dan menyenangkan orang lain. Ingat saat Anda mentruasi jangan terlalu memikirkan keegoisan Anda. 

Soalnya banyak orang yang sedang mentruasi dia menjadi sangat emosional, sampai sampai banyak yang kata orang yang sedang haid itu harus dihindari heheh. Tetapi seharusnya harus selalu ingat dengan kesenangan Anda dan harus ingat dengan selalu ceria pada hidup Anda.  Jangan masalah Anda membuat orang lain juga menjadi pusing hehe. 

8. Intinya jaga selalu kesehatan Anda 

Ini dia yang terakhir maka anda harus selalu menjaga kesehatan anda, karena saat itu anda berada pada masa haid yang selalu harus dijaga. Kebersihan badan anda juga harus selalu dijaga, tidak lupa juga harus menjaga kebersihan lingkungan anda, kebersihan bukan sekedar sebagian dari iman tapi kebersihan juga menjauhkan kita dari penyakit penyakit.




hal hal yang perlu dilakukan saat haid
gambar dari meetdoctor,com

Mungkin sekian dulu artikel kali ini di Kumpulan tips sehat mohon maaf apabila ada banyak kekurangan dan kesalahan, dan terimakasih banyak untuk anda semua telah berkunjung pada artikel ini yang berjudul hal hal yang perlu dilakukan ketika haid somoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Haid"