Makanan Inilah Yang Harus Dihindari Ketika Mentruasi

Makanan Makanan Yang Dilarang Saat Mentruasi

Dalam kesempatan kali ini tentu saja masih di tips sehat saya akan berbagi tentang makanan makanan yang Harus dihindari ketika Mentruasi, sebenarnya tidak begitu dilarang namun alangkah baiknya Anda dapat menghindarinya demi kelancaran haid Anda, haid adalah proses peleburan sel telur yang sudah matang yang dikarenakan sel telur tersebut tidak dibuahi oleh sel jantan atau yang biasa kita sebut dengan sel sperma. Haid ini pertama muncul pada saat fase remaja atau Roma irama bilang saat darah muda.

makanan yang harus dijauhi ketika haid
gambar dari nitips,com

Jika perempuan telah mengalami fase haid berarti dirinya sudah baligh atau dewasa menurut sisi agama. Namun kedewasaan seseorang tentu saja tidak bisa diukur oleh di haid saja karena masih banyak aspek lainnya, kalau diukur saat dia haid berarti baru dewasa secara fisiknya saja. 

Jika telah mengalami fase haid disini akan mengalami fase dimana seseorang sudah bisa memiliki anak, namun secara umum dimasyarakat sering di tidak bolehkan dahulu untuk menikah karena jika yang pertama mengalami haid itu masih belum dewasa secara mental, pendidikan. 

baca: cara mengatasi sakit haid

Pada saat proses haid sering terjadi keluhan pada wanita wanita dikerjakan ada yang sakit haid, yang dikarenakan siklus haidnya tidak lancar, sebelum merasa sakit haid biasanya akan timbul gejala gejala nyeri sampai pegal pegal di badan anda. 

Biasanya nyeri yang bersamaan pada bagian pinggang, panggul dan punggung Anda, pada bagian punggung bukan hanya rasa nyeri dan pegal namun juga ada rasa berat yang lumayan membuat menderita. Pada saat haid juga wanita mengalami perubahan emosional heheh, yang kita bisa tanggulangi dengan membuatnya merasa senang, merasa tidak bersalah, dan merasa dihargai.
 Emosi wanita saat haid ini biasanya muncul ketika dia merasa disepelekan entah oleh lelaki atau perempuan. Hati hati dalam berbicara dengan wanita haid karena dia lebih sensitif. Selain itu juga biasanya akan timbul rasa nyeri pada bagian bawah perut. 

Dalam masa masa haid maka hal yang sangat dianjurkan yaitu cara hidup sehat yang Anda harus lakukan dalam kehidupan sehari hari, dan ingat juga bahwa ada makanan yang dianjurkan dikonsumsi saat haid ada juga makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat haid lantas apa saja? 

Makanan inilah yang harus anda hindari ketika haid

1. Makanan ataupun minuman yang mengandung banyak kafein? 

Kenapa makanan dan minuman yang mengandung banyak kafein harus anda hindari saat haid? Yang pertama yang akan dijelaskan adalah saat Anda mentruasi maka perut Anda akan mengalami kembung walaupun sedikit dan jika Anda mengkonsumsi banyak kafein entah itu dari minuman atau makanan akan meningkatkan asam lambung Anda, 
ingat anda sedang haid jika Anda kembung lebih besar ditakutkan ada tekanan kepada rahim Anda yang akan membuat haid Anda menjadi sakit, atau nyeri yang luar biasa. Ingat juga mencegah lebih baik daripada mengobati. 

Bukan hanya itu saja saya membaca dari nitips bahwa kafein juga dapat mempersulit pembuluh darah sehingga bisa membuat Anda dehidrasi. Maka saran yang baik adalah dengan Anda mencukupi kebutuhan air mineral Anda. 

baca: hal hal yang dilarang ketika mentruasi
 
2. Makanan yang mengandung minyak berlebih 
 
Tahukah Anda bahwa makanan yang mengandung minyak berlebih itu harus dihindari saat Anda mengalami fase mentruasi? Makanan yang mengandung minyak berlebihan akan akan meningkatkan kadar esterogen dalam tubuh anda, 

jika kadar esterogen dan progesteron tidak seimbang maka biasanya akan timbul gejala gejala kelainan haid Anda. Hati hati juga kalau gara gara Anda memakan makanan yang berlebihan minyaknya ( lemak ) dengan siklus mentruasi Anda yang menjadi berubah misalkan seperti cepatnya haid atau juga bisa membuat darah haid Anda menjadi kental sampai kehitaman yang dikarenakan faktor utamanya adalah fluktuasi antara hormon progesteron dan estrogen, 
yang dipacu oleh minyak berlebih dalam tubuh anda. Bukan hanya itu saja tapi makanan yang mengandung minyak berlebih juga dapat berbahaya untuk kesehatan Anda seperti kadar kolesterol Anda, jika kadar kolesterol dalam tubuh anda sangat tinggi ini juga mempengaruhi siklus haid Anda dan bisa dibilang bahaya karena kadar minyak dalam tubuh anda menghambat distribusi darah Anda. 
 
Maka sebaiknya makanan makanan yang digoreng sepeti, bala bala, gehu, ayam goreng, kentang goreng dan teman temannya ( semua makanan yang digoreng ) maka alangkah baiknya Anda memakan makanan  yang di rebus atau dikukus. 

3. Makanan yang mengandung lemak banyak 

Makanan yang mengandung lemak ini harus dihindari apalagi kalau kandungannya memiliki lemak trans yang sayangmah banyak, jika Anda mengkonsumsi banyak maka akan membuat anda merasa sangat sakit saat mentruasi karena akan mengakibatkan hormon anda memproduksi hormon esterogen yang sangat banyak dan tidak bisa diimbangi sama hormon progesteron. 

Akibatnya bukan hanya sakit saja saat haid tapi membuat anda menjadi band mood, gampang emosian, dll. Dengan cara menghindari makanan makanan yang mengandung lemak ini anda bisa mengontrol aktivitas kadar lemak dalam tubuh anda kalau bisa perkaya makanan seperti serat agar mampu juga mengeluarkan lemak anda secara bertahap. 

baca: makan yang dilarang pada waktu haid
 
Namun ingat dalam konsumsi seratus anda jangan berlebihan karena tetap saja yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan anda! Maka anda juga harus bisa mengatur kadar yang sesuai dan memilah juga memilih makanan makanan yang sehat untuk anda. 

4. Makanan olahan dan makanan kaleng atau yang mengandung pengawet 

Makanan makanan seperti masakan olahan atau makanan pengawet pasti akan mengambinghitamkan yang namanya zat sodium, maka sebaiknya anda harus menghindari makanan makanan tersebut kenapa demikian? Karena kandungan sodium dalam makanan atau juga dalam minuman bisa membuat pembengkakan tubuh anda karena sifatnya yang retensi air makanya makanan ini dilarang dikonsumsi saat haid

Maka disarankan untuk anda hindari agar tidak terjadi rasa sakit atau gejala gejala lain saat anda mengalami fase haid atau fase mentruasi, karena saat fase haid ditakutkan ada tekanan karena terjadi pembengkakan di tubuh anda, tekanan yang ditakutkan adalah tekanan kepada rahim Anda. 

baca: hal hal yang perlu dilakukan saat datang bulan

Bukan hanya bisa membuat sakit namun juga ditakutkan akan anda mengalami anemia karena banyaknya darah yang keluar dari vagina anda dikarenakan tekanan dalam tubuh anda. 
 
Makanan makanan yang olahan atau yang mengandung pengawet juga lebih baik dalam kesehatan itu anda hindari karena  yang alami itu lebih baik, makanya sekarang banyak orang yang mulai menerapkan pola hidup sehat salahsatunya dengan menghindari makan makanan yang mengandung pengawet. 

5. Makanan atau minuman yang mengandung alkohol 

Makanan dan minuman yang mengandung alkohol juga harus anda hindari selama fase mentruasi karena alkohol ini seperti halnya makanan olahan atau yang berpengawet mempunyai salah satu sifat yang retensi air, yang dimana bisa membuat anda ada kebengkakan. 
Namun juga ingat bahwa alkohol ini bisa membuat anda mabuk yang bisa mengurangi kinerja sistem saraf otak Anda, maka dimungkinkan besar akan mengalami fluktuasi antara hormon progesteron dan estrogen yang sangat berlebihan. Yang ditakutkan lagi akan membuat penyakit penyakit yang lain dikarenakan alkohol ini. 

Jika hati andabtidak mampu menetralisir alkohol ditakutkan lagi bukan hanya penyakit dari segi mentruasi saja tapi sampai bisa menimbulkan penyakit liver, dan gagal ginjal. Maka janganlah sekali kali mendekati alkohol ini kecuali bagi kesehatan yang disarankan oleh dokter. 

6. Yogurt 

Yogurt ataupun susu susu yang lainnya yang memiliki kandungan asam arakidonat jangan dulu Anda konsumsi karena kandungan tersebut adalah zat perangsang utama yang bisa menyebabkan kram pada rahim Anda, jika sudah terjadi keram semacam itu maka sakitnya akan luar biasa. Ingat jagalah kesehatan anda karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Begitu juga adegan yang harus anda lakukan yaitu harus berantisipasi. 

Jika anda keram rahim maka janganlah memakan makanan atau minuman yang mengandung garam karena sifatnya yang retensi air dimungkinkan air dalam tubuh anda menjadi sedikit bukan hanya membuat pembengkakan tubuh tapi bisa membuat tubuh Anda kekurangan air. Yang berakibat pada keram anda semakin parah lagi. 


makanan yang harus dihindari saat haid
gambar dari nyoozee,com
 
Mungkin sekian dulu artikel saya kali ini di kumpulan tips sehat mohon maaf apabila terdapat banyak kesalahan dalam penulisan artikel ini. Dan terimakasih banyak kepada anda semua yang telah berkunjung pada artikel kali ini yang berjudul makanan makanan yang harus Dihindari saat mentruasi semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda semua.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Inilah Yang Harus Dihindari Ketika Mentruasi"