6 Cara Agar Tidak Grogi & Gugup Ketika Berpindato

Cara Agar Tidak Grogi atau Gugup Ketika Berpidato 


Jika anda adalah orang yang baru saja mengenal dalam dunia orasi, maka akan ada satu rasa canggung dan rasa lainnya yang muncul dalam hati anda.

Hal tersebut akan membuat anda menjadi tidak karuan, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas Bagaimana sih cara agar tidak grogi atau gugup ketika kita berpidato, rasa gugup itu bagi saya, adalah rasa yang menunjukkan bahwa kita tidak percaya diri akan materi yang akan kita sampaikan kepada sang audience.

6 Cara Agar Tidak Grogi & Gugup Ketika Berpindato
cara agar tidak grogi saat pidato

Maka Disini saya akan mempertanyakan seberapa jauhkah Anda menguasai materi yang akan anda berikan?

Karena saya yakin, jika anda sudah tahu sangat men detail tentang informasi-informasi apa yang akan anda sampaikan kepada pengunjung, pasti disini anda akan semangat dalam berorasi.

Namun anda sebaiknya harus tahu rasa gugup dan rasa canggung ataupun grogi, itu muncul saat anda akan memulai pidato, itu dikarenakan berbagai faktor.

Misalkan karena banyak orang-orang yang penting yang mendengar pidato anda, atau mungkin anda disaksikan oleh pacar anda hehe. 

Mari tidak perlu lama-lama kita langsung aja Capcus ke cara agar tidak grogi atau gugup Ketika berbicara di depan umum.

Agar Tidak Grogi Saat Pidato


  1. Langkah atau strategi pertama, latih latih dan melatih keberanian anda,


    Di sini saya mengharuskan anda untuk selalu melatih keberanian kepercayaan diri Anda, yang bertujuan agar anda selalu siap, agar anda selalu yakin bahwa anda itu mampu melakukan dan menginformasikan materi yang akan Anda berikan kepada sang audience.

    Ingat saja bahwa bakat itu hanyalah sebagian kecil yang mempengaruhi kita untuk bisa, tapi ingat! yang lebih besar yang lebih besar mempengaruhi diri kita adalah latihan-latihan dan latihan yang profesional.

    Seseorang tidak akan menjadi sehebat Ronaldo, Jika dia tidak rajin latihan bermain sepak bola, seseorang juga tidak akan menjadi seorang Zhang Jake Jika dia tidak pernah latihan tenis meja.

    Dengan demikian anda bisa menyimpulkan sendiri Jika anda ingin pidato anda tidak gugup pidato anda tidak grogi Anda harus latihan kepercayaan diri dan mental anda.

  2.  Langkah kedua yaitu bersikap tenang,


    Berikut ini yang harus anda lakukan selanjutnya, Jika anda sudah mempunyai kepercayaan diri yang cukup,  anda sekarang harus berusaha bersikap tenang slow but sure, ingat kata-kata itu.

    Kalau anda tidak tenang hal ini bisa menyebabkan Anda buyar dan memori ingatan anda pun menjadi sangat kaget, yang selanjutnya akan membuat Anda Blank.

    Sehingga Anda kehabisan materi yang akan dibicarakan kepada sang audiens.

    Jika Anda bertanya Bagaimana cara melatih agar diri Anda selalu bersikap tenang dan santai, maka sekarang saya akan memberikan

    Tips ampuh kepada anda, yaitu anda harus bisa mengontrol emosi anda setelah itu Anda bersikap bijaksana seperti orang dewasa,

    Namun Ada cara lain yang lebih bisa anda gunakan dengan meng-acuhkan audiens yang hadir dan anda merasa bahwa saat anda berorasi itu seperti anda bicara kepada diri anda sendiri.

  3. Langkah ketiga, Disini saya akan memberikan cara yaitu dengan membaca dulu berulang-ulang naskah pidato yang akan anda Tampilkan saat berorasi,


    Dengan anda selalu membaca dan terus membaca naskah pidato yang anda buat tadi, disini ada banyak keuntungannya, dari yang pertama :

    Anda bisa menguasai materi

    yang kedua : Anda akan merasa sangat siap

    yang ketiga : bahasan Anda tidak akan melebar ke manapun atau mengecil kemanapun, karena anda sudah paham dengan materi-materi yang akan anda informasikan kepada pengunjung.

    Cara agar tidak gugup saat Pidato,


    Dengan demikian saya harapkan Disini anda membaca dengan jeli, mulai dari titik, koma agar saat Anda berpidato tidak seperti mesin jet yang terus meluncur tanpa ada hentian hentian.

    Jeda dalam berpidato itu sangatlah baik, bukan hanya untuk kita melihat perhatian audiens, tapi kita juga bisa menilai seberapa berhasilkah kita memberikan informasi kepada sang audiens.

  4. Strategi keempat,


    Kegugupan itu menjadi tidak wajar saat anda sudah mulai berbicara di depan microphone, karena hal itu akan membuat anda tidak konsentrasi terhadap informasi yang akan anda berikan,

    Namun ada cara lain, jika anda terasa mulai gugup, Anda bisa menampilkan sedikit humoran atau gurauan yang hanya sebatas intermezzo pada pendengar.

    Karena mau tidak mau jika kita terlalu konsentrasi terhadap materi yang formal, saya yakin pendengar anda akan mudah bosan dan mudah mengantuk saat mendengar informasi yang anda berikan.

  5. Strategi kelima, Disini anda diwajibkan untuk selalu menguasai acara


    Berikan cara komunikasi yang terbaik  untuk pengunjung, cara ini Anda boleh explore sendiri bagaimana Anda harus menarik perhatian secara penuh, hal ini agar audiens  konsentrasinya tidak beralih kemana-mana.
  6. Step ke 6, disini Saya akan memberitahu anda tentang cara yang efektif bahwa Anda harus berpenampilan layaknya seorang orator


    Bukan hanya dari segi penampilan, tapi saya juga akan mewajibkan anda untuk selalu mengupdate informasi terbaru, update informasi yang lagi hangat dibicarakan,

    Kenapa demikian?

    Jika itu menjadi pernyataan yang sangat berkelas bagi anda, Maka Disini orang-orang akan konsentrasi mendengar informasi yang anda berikan.
    Karena mereka juga pasti akan lebih penasaran terhadap informasi yang sedang hangat atau sedang bangkitnya beredar di masyarakat.

    Disini juga saat anda mulai mengeksplor tema atau judul yang akan Anda berikan kepada pengunjung.

    Saya sarankan Anda harus selalu mencari ide ide atau judul yang unik menarik. Ingat judul yang sangat membuat orang penasaran untuk mengikuti acara yang akan anda lakukan.
Di sini saya akan memberikan kesimpulan yang sangat simpel saja rasa gugup itu timbul karena anda tidak percaya diri,

Maka yang pertama yang harus anda lakukan yaitu: membuat diri Anda percaya diri dengan berbagai cara.

Ingat anda harus mengatasi rasa gugup & grogi saat pidato, dan usahakan selalu siap.

Misalkan Anda harus berlatih, Anda harus tahu informasi yang banyak, Anda harus selalu mencoba mencoba mencoba menguasai audiens yang Hadir, Anda juga diwajibkan untuk memanfaatkan situasi. Misalkan sekarang orang-orang sudah pecah konsentrasinya, maka diwajibkan Anda harus membuat suatu dobrakan agar pengunjung kembali perhatian kepada anda.
Sedikit humoris atau intermezzo yang bisa menggelitik, merupakan cara ampuh menarik perhatian,

Ingat dalam anda ber-orasi jangan terlalu berlebihan antara candaan dan informasi yang di berikan,

Namun usahakan hal ini bisa seimbang, jika anda terlalu formal, Maka orang-orang akan mudah lelah dan mudah ngantuk mendengarnya,

Jika anda terlalu banyak hal-hal yang berbau intermezzo atau Comedy Saya pikir anda harus masuk Stand Up Comedy aja, jangan berorasi atau berpidato tentang hal yang lumayan formal. heheh.

Jika anda tidak gugup dan anda mampu untuk menguasai pengunjung, saya pikir hal istimewa karena  anda mempunyai jiwa seorang orator Anda pasti bisa mendoktrin dia sehingga bisa melaksanakan informasi-informasi yang anda berikan.


Oke sobat pandai menulis sekalian mungkin hanya sekian saja artikel kali ini yang saya post tentag tips dalam berpidato, ya mohon maaf apabila dalam penulisan artikel yang berjudul cara agar tidak gugup dan grogi saat berpidato, baik dan terima kasih telah berkunjung pada blog kali ini forget  for follow this blog.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Cara Agar Tidak Grogi & Gugup Ketika Berpindato"