Contoh Pidato Singkat Tentang Prasangka Buruk

Pidato Singkat Tentang Prasangka Buruk


Haloo, heyy teman mari sekarang saya akan berbagi sebuah contoh pidato tentang prasangka buruk, nahh... sebagai manusia yang memiliki kepercayaan tentu saja kita harus selalu positif thingking dan tidak boleh menyangka hal yang buruk pada orang ataupun kehendak yang maha kuasa, soalnya prasangka ini sangatlah berbahaya karena bisa menjadi fitnah atau yang leinnya.

Contoh Pidato Singkat Tentang Prasangka Buruk
Pidato Prasangka Buruk

Pidato Tentang Prasangka Buruk 


Selamat sore hadirin semua
Puji syukur marilah selalu kita panjatkan pada tuhan yang maha esa. Sampai saat ini kita masih bisa bertemu dalam keadaan sehat wal afiat. Dalam kesempatan ini, tidak banyak yang akan saya sampaikan. Berkaitan dengan fenomena dibakar hidup hidup seseorang yang dituduh sebagai pencuri ampli meter listrik di suatu masjid. 
 
Menyikapi hal yang telah terjadi itu sebenarnya saya cukup kaget. Seseorang dengan kemarahan bisa berbuat apa saja tanpa berpikir panjang. Menghakimi tanpa ada bukti dan penyelidikan lebih lanjut. Kalaupun memang pencuri tersebut terbukti bersalah, toh sudah ada aturan di negri ini yang mengatur keadilan seberapa berat ia akan dihukum. Yang pasti, tidak akan sampai mati - lah yang menjadi jalannya. Kenapa? Para koruptor saja tidak dihukum mati di negeri ini. 
 
Ironis memang. Maka dari itu. Berburuk sangka, dalam hati kita sebaiknya ditiadakan. Kekeruhan hati nantinya akan menjadikan pemikiran kita pun menjadi keruh dan tertutup dari berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi dalam skenario tuhan. "Minal humuqi an tahkuma qobla an ta'rafal haqiiqata kullaha" merupakan sebuah tindakan bodoh, atau sesuatu yang tidak berakal ketika kita menghakimi sesuatu sebelum kita mengetahui jelas apa yang terjadi secara spesifik atau rinci. 
 
Ketika hal itu terjadi, kerugian tidak hanya ada pada orang yang dituduh tetapi penuduh atau penghakim juga bisa berdosa karena telah merugikan orang lain. Bisa bisa dzolim itu namanya. Sebagai orang yang bijak, orang yang berpendidikan. Ayo lah kita sebaiknya tidak main hakim sendiri. Kita tentunya harus tetap menerapkan asas praduga tak bersalah. 
 
Kepercayaan memang tidak bisa datang begitu saja, perlu ada pembuktian. Namun begitu pula ketidak percayaan, harus dilandasi dengan alasan yang logis dan benar benar sebuah fakta. Tidak ada yang menginginkan negri ini menjadi negri yang tidak aman, tidak berpri kemanusiaan, dan tidak rukun satu sama lain. Jadi, mari kita mulai dengan menanamkan prasangka baik dengan tetap waspada dan berhati hati. Musibah tidak akan ada yang tau kapan datangnya, namun kita bisa mengantisipasi nya. 

Contoh Teks Naskah Pidato Tentang Prasangka Buruk Singkat
 
Terkadang dalam beberapa kasus pula ada kesalahan dari kita yang menjadikan adanya kesempatan bagi pelaku untuk dengan mudah melancarkan aksi nya. Tinggal kita yang mengintrospeksi diri, apakah memberikan kesempatan pada para pelaku kejahatan atau tidak? Misal dengan berpenampilan glamour atau memakai perhiasan berlebih, anda dapat memancing para pencuri untuk menjambret anda. Dan masil banyak lagi. 
 
Yang saya harapkan, kita semua dapat selalu waspada namun tetap berpikir jernih dan tidak tersulut emosi dalam menyikapi atau menghakimi seseorang. Tidak semua orang di negri ini memiliki niat baik, dan tidak semua orang pula di negeri ini memiliki niat yang jahat. Bahkan penampilan pun bukan sebagai jaminan meski sangat terlihat jelas. 

Mungkin itubsaja yang bisa sampaikan. Mohon maaf apabila banyak kata yang terucap dari mulut saya ini kurang berkenan dihati. Satu hal, saya disini semata mata hanya ingin berbagi pemikiran berdasarkan apa yang saya ketahui. Sekian, selamat sore dan selamat berakhir pekan.

Wahh... bagaimana sobat? mungkin cukup sekian saja postingan contoh pidato  tentang prasangka buruk, mohon maaf apabila banyak kesalahan dan kekurangan dan bye.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Pidato Singkat Tentang Prasangka Buruk "