Contoh Pidato Singkat Tentang Manfaat Puasa

Pidato Singkat Tentang Manfaat Berpuasa 


Hallo guys, ketemu lagi di pandai menulis nihh,,, nah dikesempatan ini saya akan berbagi contoh pidato tentang manfaat puasa, asalkan kita tahu bahwa dengan berpuasa secara medis antibody kita akan lebih tebal lagi, nah dengan begitu saat kita berpuasa juga akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang bahaya yang bisa menyerang tubuh kita dari luar ataupun dari dalam.


Contoh Pidato Singkat Tentang Manfaat Puasa
pidato manfaat puasa

Pidato Manfaap Puasa Singkat


Bismillahirrahmanirrahiim. 
 
Assalamu’alaikum wr.wb. teman teman seperjuangan. Tidak terasa kita sekarang sudah berada di penghujung tahun dan sebentar lagi akan memulai tahun yang baru. Dan semuanya pun identik dengan yang baru baru. Tetapi semoga semua yang baru itu menjadi sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Jadi sudah merencanakan pembaruan tentang apa untuk tahun depan? Jika belum ada ide, saya memiliki satu pembaruan yang insyaallah akan memberikan manfaat bagi kita semua. 

Pembaruan yang saya maksud adalah dengan memperbanyak Puasa sunnah di tahun depan. Bagi yang sudah terbiasa mungkin bukan menjadi sebuah pembaruan lagi yah. Hehe tapi yang belum terbiasa pasti akan memberikan dampak yang signifikan. Meski di awal akan terasa kurng terbiasa. 

Contoh Teks Naskah Pidato Tentang Manfaat Puasa Singkat

Ada satu kalimat dari guru bahasa arab saya yaitu “ahabbukum ilallahi, aqallukum tu’man wa akhaffukum badanan” yang artinya allah lebih mencintai orang yang makannya paling sedikit dan badannya paling ringan. Tetapiperlu diingat kalimat ini yang saya tahu bukanlah sebuah hadits yang jelas asal usulnya. Yang saya tahu, pasti ada alasan si penulis menuliskan kalimat itu untuk kita semua. Sehingga bagi anda yang memiliki tubuh besar jangan bekecil hati tidak dicintai oleh allah. Karena keimana seseorang belum tentu bisa diukur dari berat badan tentunya. 

Nah menanggapi hal itu, antara percaya dan tidak tetapi jika kita berpikir logis mungkin yang dimaksud adalah orang yang sering berpuasa. Dan nabi sendiri pun tidak banyak makan. Apalagi berlebihan dalam segala sesuatu. Oleh karena itu, saya ingin mengajak teman teman semua untuk menjadikan shaum ini sebagai pembaruan di tahun baru nanti. Namun hal pertama yang harus diluruskan adalah niat kita menjalankannya. Apakah ingin mencari ridlo allah, mengikuti sunnah rasul atau apa? Tanamkanlah semua niat yang baik maka niscaya allah akan memberikan kemudahan di setiap langkahnya. Aamiin. 
 
Untuk shaum sendiri selain ada yang wajib dan tertera dalam surat al baqarah ayat 183. Dan juga ada yang sunnah seperti dicontohkan oleh Nabi kita SAW. Sudah menjadi bukti betapa bermanfaatnya puasa bagi kita. Karena allah tidak mungkin memerintahkan sesuatu melainkan ada faedah dibaliknya. Mulai dari detoksifikasi makanan yang ada di dalam tubuh. Selain itu menjadikan badan lebih sehat dan bugar. Badan pun terasa lebih ringan. Terhindar dari penyakit yang berbahaya pun bisa dengan berpuasa ini. Jangan berpikir kalau tidakmakan maka kita akan mati. Allah yang menciptakan kita pasti akan lebih tau apa yang baik dan apa yang buruk bagi kita. Bahkan orang non islam saja juga memiliki kebiasaan yang sama seperti shaum kita ini. 

Dengan berpuasa pun kita akan lebih terjaga pula dari hal hal seperti maksiat dan lain sebagainya yang bisa mengurangi ataupun membatalkan pahala puasa kita. Terjaga dari amarah, dari perselisihan dan lain lain. Hingga dalam satu hadits dikatakan bahwa puasa itu adalah perisai dari api neraka. Dan masih banyak lagi keistimewaan puasa yang allah janjikan bagi kita. Hingg aganjaran syurga pun bisa kita dapat jika kita bisa menggabungkan antara puasa,shalat malam dan sedekah. Subhanallah bukan. Selain dari puasanya sendiri, kita juga isa mendapat pahala dari kesabaran yang kita lakukan selama menahan segala sesuatu. 
 
Ibaratkan sambil menyelam minum air. Dengan berpuasa, kesehatan kita dapat dan keselamatan akhirat pun kita dapat selama disertai niat yang baik. Tak banyak yang bisa saya sampaikan, tetapi semoga berkenan di hati teman teman semua dan dapat emotivasi kita semua untuk berlomba menuju jalan kebaikan. Wabillahi taufik wal hidayah.
Wassalamu’alaikum wr.wb.

oke kawan, saya kira dicukupkan dahulu sekian, mohon maaf apabila dalam penulisan ini banyak kekurangan dan kesalahan, sekian contoh pidato singkat tentang manfaat puasa yang bisa dibagikan dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Pidato Singkat Tentang Manfaat Puasa"