Contoh Pidato Singkat Tentang Bahasa

Contoh Pidato Singkat Tentang Bahasa 

Hallo semuanya ketemu lagi disini, baik dalam kesempatan ini saya akan berbagi kepada kalian semua contoh pidato singkat tentang bahasa, oke sebagai manusia kita harus pandai dalam berbahasa, apalagi kalau kita bekerja pada bisnis yang tinggi, maka setiap bahasa yang keluar dari mulut kita harus benar-benar di riset dan harus benar-benar dipikir dulu.nahh  ingat juga manusia menggunakan bahasa untuk komunikasi dengan sesamanya, kita tahu saja bahwa kehidupan ini haruslah selalu kita pahami dalam kehidupan sosial.

Contoh Pidato Singkat Tentang Bahasa
pidato singkat tentang bahasa

Pidato Singkat Tentang Bahasa


Hai, halo, selamat siang, assalamu'alaikum wr wb
Ada banyak sekali ungkapan yang bisa pergunakan untuk memulai sesuatu, dengan kata lain itu sapaan. Hehe bahasa memang sangatlah luas. Amat sangat luas. Dan tentunya banyak. Oke, untuk mempersempit topik kita kali ini saya hanya akan membahas tentang bahasa Indonesia. Dengan berbagai macam dialek dan campuran dengan masing masing bahasa daerah

Saat SMA, saya pernah diberi tugas untuk menentukan kata baku dan tidak baku. Saat itu saya mencoba untuk menantang atau mengukur kemampuan saya dan mencoba untuk menyelesaikannya tanpa kamus. Dan hasilnya, ada banyak kata yang saya anggap baku Ataupun sebenarnya itu tidak baku dan sebaliknya. Itu menandakan bahwa dalam berbicara atau dalam berbahasa, saya sudah terpengaruh oleh kebiasaan yang salah. Tetapi saya tidak terima akan hal itu dan berpendapat, 'ah, kalau bicara yang penting kan mengerti' ya memang benar sih. Tujuan utama berbahasa dalam bicara adalah pemahaman antara dua pihak yang mengobrol. 

Contoh Teks Naskah Pidato Tentang Bahasa Singkat

Tapi ingat, beda hal nya ketika kita menulis atau dalam menyusun karya tulis. Kata baku dan tidak baku harus sangat diperhatikan. Maka dari itu pemahaman dan pengetahuan kita akan bahasa Indonesia harus ditingkatkan. Jangan sampai nilai TOEFL kita bagus, tapi kita tidak bisa membedakan kata baku dalam bahasa Indonesia. 

Ada banyak sekali faktor sebenarnya yang dapat membuat kita bagai terlupakan akan bahasa kita sendiri. Yang paling utama adalah kebiasaan kita sendiri. Tidak dipungkiri memang kita ini bangsa yang beraneka ragam budaya dan bahasa sehingga bahasa daerah sering kali mempengaruhi bahasa Indonesia yang sebenarnya. Kebiasaan menggunakan bahwa Indonesia bercampur bahasa daerah kadang akan menyulitkan kita untuk membedakan bahasa Indonesia yang sebenarnya dan bahasa Indonesia yang bercampur dengan bahasa daerah saking kita sudah anggap itu hal yang sudah biasa. 

Bahasa daerah saja bisa seperti itu, dan sekarang munculah bahasa alay atau bahasa chat. Berawal dari kemalasan kita untuk mengetik hingga akhirnya bermunculan kata kata baru yang dianggap lebih 'kekinian' dan gaul bagi anak muda. Tak jarang saya membaca chat dengan penulisan sesuai ejaan tapi menunjukan ketidakbakuan. Jadi itu diantaranya kebiasaan kita yang memang benar benar sudah dianggap biasa dan menjadi dibenarkan. 

Oh iya, tetapi perlu digaris bawahi dalam apa yang saya sampaikan bahwa bukan saya ingin meninggikan bahasa Indonesia dan melupakan bahasa daerah. Saya disini juga punya bahasa daerah saya dengan dialek yang khas juga. Saya mencoba untuk mempelajari keduanya sesuai dengan aturan yang telah ada dalam bahasa masing masing. 

Tak dapat dipungkiri memang, namanya juga belajar. Masih banyak jugga yang harus saya perbaiki dalam berbahasa. Seperti kasus yang tadi saya katakan.  Salah satu nya adalah saya. Maka dari itu, disini saya tidak bermaksud untuk menggurui, hanya saja ingin mengajak bangsa Indonesia untuk lebih mencintai bahasa Indonesia dan mempelajari nya dengan baik dan benar untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Jangan sampai kita bergerak hanya ketika hendak direbut orang.
Wassalamualaikum wr wb 

Oke teman semua mungkin sekian saja yang bisa saya tampilkan kepada anda kali ini, mohon maaf apabila banyak kekurangan atau kesalahan, sekian dari saya tentang Contoh Pidato Singkat Tentang Bahasa terimakasih banyak telah memebaca artikel saya kali ini dan see you.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Pidato Singkat Tentang Bahasa"