Contoh Pidato Tentang Jaga Sikap Moral Baik


Contoh Pidato Tentang Sikap Bermoral - Jaga sikap Moral Baik




Halloo semuanya, nahh dikesempatan ini dan dipostingan ini saya mau berbagi kepada anda semua sebuah contoh pidato tentang jaga sikap moral baik dengan demikian mari kita harus selalu menebarkan kebaikan untuk kita dan untuk teman kita semua, asalkan anda tahu bahwa dengan menjaga sikap kita, kita bisa lebih dewasa, oh iya jangan lupa juga untuk selalu percaya bahwa dengan moral yang baiklah negara kita bisa juga maju hhehe.

Contoh Pidato Tentang Jaga Sikap Moral Baik
pidato tentang moral


Pidato Tentang Moral baik 



Halo kawan kawan, selamat siang.

Alhamdulillahirabbil alamiin, pada kesempatan kali ini saya bisa hadir disini bertatap muka dengan kawan kawan seperjuangan untuk menyampaikan hal yang tidak seberapa. Tapi saya harap dengan hadirnya saya disini dapat bermanfaat bagi kawan kawan semua. Sehingga waktu kita tidak terbuang percuma. Sebab termasuk orang orang yang merugi ketika seseorang tidak memanfaatkan waktunya dengan baik.

Berkaitan dengan hal memanfaatkan waktu tentunya akan ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan. Hal tersbut bisa kita lakukan untuk diri kita sendiri maupun yang berkaitan atau berdampak bagi orang lain. Akan ada banyak persepsi pula mengenai hal yang bermanfaat. Yang pasti itu adalah hal baik, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah hal baik di waktu yang tepat pula. Nah ini berkaitan dengan momen atau timing yang tepat. Jangan sampai salah menempatkan keadaan dengan waktu yang seharusnya. Karena disadari atau tidak terkadang terdiam atau beristirahat tidak melakukan apa apa akan bermanfaat bagi dii kita sendiri ketika kita merasa lelah. Benar bukan? Jadi dengan tidak melakukan apa apa tapi di waktu yang tepat juga akan berguna.

Berpindah dari masalah itu, sebetulnya kali ini saya ingin lebih menekankan kegiatan bermanfaat yang berkaitan dengan orang lain dimana kegiatan ini dapat kita lakukan ketika kita memiliki moral yang baik dan tahu tentang aturan aturan moral dalam bersosialisasi dengan orang lain. Sebearnya saya disini tidak perlu menyebutkan ‘moral yang baik’ sebab arti moral sendiri sudah merupakan sifat yang baik. Karena sudah terjelaskan ketika ada orang menyebut seseorang itu orang yang bermoral otomatis langsung berarti baik.

Perlu diketahui pula moral sendiri ada melalui kebiasaan, dan aturan agama ataupun budaya yang ada di suatu daerah sehingga tentunya akan ada beberapa tolak ukur yang berbeda di setiap daerah mengenai seseorang yang bermoral. Di negara kita sendiri juga pasti aka nada nilai nilai moral yang berbeda beda karena Indonesia kita ini sangat kaya akan kebudyaan. Dan juga agama meski terdapat agama mayoritas yaitu islam yang tentuny memberikn pengaruh paling kuat.

Tetapi dalam masalah pengaruh saya yakin setiap derah bahkan di setiap kota saja bisa berbeda. Atau terdapat beberapa perbedaan mengenai tata cara melakukan sesuatu seesuai nilai moral masing masing. Jadi kali ini saya akan sangat kesulitan jika harus memberitahu cara atau perbuatan bermoral karena tentunya akan terdapat perbedaan sesuai yang mempengaruhinya. Namun jangan sedih, pembahasan akan saya lanjutkan dengan membahas hal hal yang biasanya menjadi tantangan seseorang untuk bermoral.

Baiklah kawan kawan semua


Yang tantangan moral sebenarnya sangat berkaitan dengan pengaruh luar. Allah melahirkan kita bagaikan selembar ketas putih. Dan kemudian kita yang akan mewarnai kertas itu, dan itu pilihan kita. Namun kita yang tidak tahu apa apa mengenai kehidupan dunia pasti akan mencoba blajar memahami. Baik itu melalui pengalaman pribadi ataupun dari pengaruh orang orang terdekat seperti orang tua ataupun teman. Satu hal yang saya yakini maksud dari didikan orang tua tak lain hanya ingin embuat anaknya menjadi anak yang baik, sehingga hal ini tak terlalu perlu untuk dirisaukan. Meski begitu tapi tidak semua orng tua juga benar. Penjelasan tentang itu saya oernah lihat di salah satu channel youtube seorang pesulap terkenal di Indonesia yang kini sepertinya lagi seneng jadi host di acara talkshownya. Hehe.

Contoh Teks Naskah Pidato Tentang Jaga Sikap Moral Baik


Selain orang tua ada pula teman, mereka yang usianya tak jauh dengan kita biasanya memiliki cara pandang yang sama. Nah, cara pandang yang sama ini bisa jadi berbahaya ketika keduanya tidak bisa melihat sisi negative dari sesuatu. Ibaratnya ada dua orang liat toko dari depannya aja, mereka gak akan tahu kan dalemnya kaya gimana.

Yang mereka amati hanya satu sisi karena cara berpikir dan sudut pandang yang sama. Namun ketika cara pandang berbeda meskipun bertentangan juga setidaknya dapat memberikan pertimbangan tentang baik dan buruknya sesuatu. Sehingga dalam memilih nantinya tidak akan keliru. Karena akan berbahaya jika teman kita moral nya kurang baik kemudian kita terpengaruh karena pemikiran yang sama dengan mereka.

Selain teman lingkungan juga pastinya mempengaruhi. Bahkan makhluk hidup yang beradaptasi, dapat merubah tubuhnya agar ia dapat bertahan hidup. Kadang tuntutan lingkungan se ekstrim itu. Hingga moral kita pun terancam terganggu atau berubah. Lingkungan yang biasanya identik dengan mayoritas. Maksud saya seperti ini, jika ada kaum mayoritas di suatu lingkungan, maka kaum itu lah yang akan bisa mempengaruhi. Mending kalau yang mayoritas nya baik, tetapi kalau yang mayoritasnya tak bermoral kan susah.

Ada satu hal lagi yang sebenarnya ini pengalaman saya pribadi ketika berada pada lingkungan yang mayoritas tak bermoral. Terkadang seakan karena kita yang sedikit jumlahnya, kita merasa malu. Padahal apa yang kita lakukan aalah baik. Rasa malu ini, mungkin dibisikan oleh syetan untuk menguji kita. Jangan sampai hanya karena malu, kita tidak jadi untuk menjadi pribadi bermoral. Karena berbeda belum tentu buruk, dan sama belum tentu benar.

Pada intinya sebenarnya tantangan yang ada nanti saling berkitan satu sama lain. Jadi pada intinya adalah ada pada diri kita sendiri. Bagaimana cara kita menghadapi tantangan dan semua pengaruh yang ada dari luar terhadap diri kita. Apakah kita akan melawannya dan akan menjadi pribadi yang bermoral atau memilih kalah atas diri kita sendiri dan menjadi tak bermoral.
Sekian dari saya, wassalamu’alaikum wr.wb.

Oke bagaimana sobat? masih mudah dan sangat mudah dipahami kan? nahhh sekian saja contoh pidato tentang jaga sikap moral baik, dan mari bermoral baik sekian dan terimakasih banyak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Pidato Tentang Jaga Sikap Moral Baik"